Apa Itu Analisis Fundamental Dan Teknikal Saham?

Apa Itu Analisis Fundamental Dan Teknikal Saham?

Saat berinvestasi saham, diperlukan analisis yang cermat untuk mengoptimalkan keuntungan dan meminimalkan risiko kerugian. Analisis investasi saham ada dua jenis, yaitu analisis fundamental dan analisis teknikal.Analisis fundamental digunakan untuk mengukur kinerja suatu saham berdasarkan laporan keuangan, posisi keuangan suatu perusahaan, dll. Sedangkan analisis teknikal digunakan untuk memprediksi arah pergerakan harga saham berdasarkan data historis.

A. Apa itu analisis fundamental?

Analisis fundamental adalah analisis yang digunakan oleh investor dengan tujuan investasi saham jangka panjang untuk mengukur kinerja keuangan, kesehatan keuangan suatu perusahaan, kesehatan suatu industri dan sektor terkait, serta analisis makro dan mikro. ekonomi.

B. Bagaimana cara melakukan analisis fundamental?

Anda dapat melakukan analisis fundamental dengan dua pendekatan yaitu top-down dan bottom-up.

1. Analisis Top Down

dilakukan melalui gambaran sekaligus mengukur keadaan suatu perusahaan. Analisisnya mencakup empat isu yaitu kondisi makro global, kondisi makro dalam negeri, prospek pertumbuhan industri, dan fundamental perusahaan. Jika semua hal tersebut menunjukkan hasil yang positif bagi perusahaan, maka dapat diasumsikan bahwa saham perusahaan tersebut mempunyai prospek yang baik.

2. Analisis Bottom-up

di atas tidak memperhatikan kondisi perekonomian dan siklus pasar secara umum, namun hanya fokus pada perusahaan yang dicari sahamnya, mengidentifikasi hasil keuangan, produk atau jasa, dan kondisi persaingan dengan kompetitor. mempengaruhi situasi perusahaan. Prinsip di balik pendekatan ini adalah bahwa perusahaan dapat tumbuh dan berkinerja baik bahkan ketika industri sedang mengalami penurunan.

C. Apa itu analisa teknikal?

Analisis teknikal adalah analisa yang mengukur kinerja suatu saham dan arah harga saham di masa yang akan datang berdasarkan data historis pergerakan harga dengan menggunakan grafik dan indikator tertentu seperti diagram garis, diagram batang. ) dan grafik kandil. Analisis ini biasanya digunakan oleh investor atau trader jangka pendek untuk memperdagangkan saham dalam jangka waktu yang lebih singkat.

D. Bagaimana cara melakukan analisa teknikal?

Mengidentifikasi arah pergerakan harga suatu sahamMengidentifikasi pergerakan harga saat ini dengan menggunakan chart atau grafik saham tersebut membantu menentukan kapan waktu terbaik untuk membeli atau menjual suatu saham agar potensi keuntungan lebih optimal . . Anda dapat melakukannya menggunakan fungsi Bagan pada POEMS.

1. Menentukan support dan resistance

Support adalah tingkat harga terendah suatu saham dalam jangka waktu tertentu. Jika saham bergerak menyentuh titik support, maka harganya berpotensi kembali naik sehingga kondisi ini dianggap saat yang tepat untuk membeli saham tersebut. Namun jika harga saham melewati suatu titik support (terobosan), maka harga akan kembali turun hingga menemukan titik support terakhir.Namun, resistance adalah level harga tertinggi suatu saham dalam jangka waktu tertentu. 

Ketika suatu saham bergerak melewati suatu titik resistensi (breakout), harga saham terus naik dan menemukan titik resistensi baru, sehingga kondisi ini dianggap sebagai saat yang tepat untuk menjual saham tersebut. Demikian pula jika pergerakan saham tidak melewati titik resistance, maka saham akan bergerak turun dan memberi sinyal bahwa sudah waktunya untuk mengambil keuntungan.

2. Melihat Volume Perdagangan

Volume perdagangan suatu saham biasanya ditemukan di bawah grafik harga, yang direpresentasikan sebagai grafik histogram. Volume yang tinggi diikuti dengan penurunan harga saham menunjukkan tren penurunan. Sebaliknya, volume yang tinggi dan kenaikan harga mengindikasikan adanya bullish atau penguatan.

E. Apa perbedaan antara analisis teknikal dan fundamental?

1. Garis Waktu

Analisis fundamental digunakan oleh investor yang memiliki tujuan investasi saham jangka panjang beberapa tahun, sebaiknya 3-5 tahun. Sementara itu, trader dan investor jangka pendek menggunakan analisis teknis untuk memperdagangkan saham dalam hitungan menit, jam, hari, atau minggu.

2. Hal yang di analisis

Analisis fundamental memperhatikan hal-hal yang dapat mempengaruhi nilai saham dan menggerakkan harga dalam jangka panjang, berdasarkan hasil keuangan, posisi keuangan perusahaan, kondisi industri dan industri terkait serta analisis makroekonomi dan mikroekonomi. , sedangkan analisis teknikal cenderung melihat tren harga saham melalui grafik untuk mengetahui arah pergerakan saham.

3. Indikator yang digunakan

Indikator analisis dasar biasanya berupa laba per saham (EPS), rasio harga terhadap pendapatan (PER), laba atas ekuitas (ROE), laba atas aset (ROA), dan harga terhadap nilai buku (PBV). Indikator-indikator ini digunakan untuk mengetahui apakah suatu saham layak dibeli dan apakah menghasilkan potensi keuntungan atau tidak. Di sisi lain, analisis teknikal memiliki beberapa indikator populer seperti volume, stokastik, rata-rata pergerakan, dan indeks kekuatan relatif (RSI).

Analisis fundamental dan teknis ini dapat digabungkan untuk kinerja portofolio saham Anda yang lebih optimal. menggunakan fitur Stock Scanner POEMS ID. Fitur ini memberikan informasi saham berdasarkan analisa fundamental dan teknikal pada beberapa kategori.Phillip Sekuritas Indonesia selalu mengikuti perjalanan investasi Anda di pasar saham untuk mencapai tujuan keuangan yang Anda inginkan. Selamat berinvestasi!.