Iklan

terkini

Definisi Pengertian Ekonomi Mikro dan Makro

, Januari 16, 2024 WIB

Ekonomi Mikro dan Makro

Ekonomi mikro (seringkali ekonomi mikro) adalah cabang ilmu ekonomi yang mempelajari perilaku konsumen dan perusahaan, serta harga pasar dan masukan, jumlah barang dan jasa yang diperdagangkan. 

 

Ekonomi mikro mempelajari bagaimana keputusan dan perilaku tersebut mempengaruhi penawaran dan permintaan barang dan jasa, yang menentukan harga; dan bagaimana harga pada gilirannya menentukan penawaran dan permintaan barang dan jasa selanjutnya.Individu yang bersama-sama dengan individu lain di pasar menerapkan kombinasi konsumsi atau produksi yang optimal membentuk keseimbangan skala makro; dengan asumsi semua hal lainnya tetap sama.

 

Kebalikan dari ilmu ekonomi mikro adalah ilmu ekonomi makro yang berkaitan dengan kegiatan perekonomian secara keseluruhan, terutama yang berkaitan dengan pertumbuhan ekonomi, inflasi, pengangguran, berbagai kebijakan perekonomian yang terkait dan dampak dari berbagai kegiatan pemerintah. (misalnya, perubahan tarif pajak) dari pertanyaan-pertanyaan ini.

 

Salah satu tujuan ekonomi mikro adalah menganalisis pasar dan mekanismenya yang membentuk harga dalam kaitannya dengan produk dan jasa serta alokasi sumber daya yang terbatas di antara banyak alternatif penggunaan.

 

Ekonomi mikro menganalisis kegagalan pasar dimana pasar tidak memberikan hasil yang efisien; dan menjelaskan berbagai kondisi teoritis yang diperlukan dalam pasar persaingan sempurna. Bidang penelitian penting dalam mikroekonomi mencakup diskusi tentang keseimbangan umum, kondisi pasar dengan informasi asimetris, pilihan dalam ketidakpastian, dan berbagai aplikasi ekonomi dari teori permainan. Pembahasan mengenai fleksibilitas produk dalam sistem pemasaran pun menarik perhatian..

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Definisi Pengertian Ekonomi Mikro dan Makro

Terkini

Iklan