Daftar 5 Bahan Alami Yang Bisa Menghancurkan Batu Ginjal

Batu Ginjal

Batu ginjal adalah hasil dari endapan mineral yang terbentuk karena berbagai faktor. Untuk mengatasi masalah ini, ada banyak jenis pengobatan batu ginjal yang dapat dilakukan, termasuk penggunaan beberapa obat batu ginjal alami yang bisa membantu menghancurkan endapan tersebut.


Namun sebelum mencoba pengobatan rumahan, sangat penting untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter. Hal ini khususnya berlaku bagi pasien yang sudah mengidap penyakit lain atau rutin mengonsumsi obat-obatan tertentu. Meskipun obat alami ini dapat meredakan gejala batu ginjal yang Anda alami, anjuran dan resep dari dokter tetaplah yang paling utama.

Berikut ini beberapa bahan alami yang bisa membantu mengatasi batu ginjal:


1. Minum banyak air putih: 

 

Air putih adalah obat batu ginjal alami yang sangat direkomendasikan. Mengonsumsi air putih dalam jumlah yang cukup dapat membantu ginjal bekerja lebih baik dalam memecahkan endapan mineral yang menjadi penyebab batu ginjal. Namun, perlu diingat bahwa minum air putih tidak secara otomatis akan menghancurkan atau menghilangkan batu ginjal yang sudah terbentuk. Minum air putih secara teratur hanya membantu tubuh mengeluarkan batu yang terperangkap di ginjal dengan lebih cepat.

2. Air lemon: 

 

Selain minum air putih, juga terdapat cairan tambahan yang bisa Anda coba sebagai obat batu ginjal alami, yaitu air lemon. Anda bisa mencampurkan segelas air dengan air perasan lemon segar. Menurut Harvard Health Publishing, kandungan sitrat dalam lemon dapat membantu mencegah pembentukan batu ginjal. Sitrat juga dapat membantu melarutkan dan memecah batu ginjal berukuran kecil sehingga bisa lebih mudah keluar melalui saluran kencing. Penelitian juga menunjukkan bahwa minum 120 ml air lemon yang dicampur dengan air setiap hari dapat meningkatkan kandungan sitrat dalam urine, dan disebut dapat membantu mengendalikan gejala penyakit ginjal.

3. Cuka apel: 

 

Mungkin Anda pernah mendengar rekomendasi menggunakan cuka apel sebagai obat untuk menghancurkan batu ginjal. Rekomendasi ini tidak sepenuhnya salah, karena sari cuka apel mengandung asam asetat yang dapat membantu memecahkan dan melarutkan batu ginjal berukuran kecil. Selain itu, sari apel yang telah melalui fermentasi juga diketahui dapat membantu mengurangi rasa sakit dan peradangan yang disebabkan oleh batu ginjal. Penelitian dari BJU International juga telah membuktikan berbagai manfaat sari cuka apel terhadap batu ginjal, termasuk pencegahan pembentukan batu. Namun, penggunaan cuka apel tetap perlu diteliti lebih lanjut jika digunakan sebagai obat batu ginjal alami, karena konsumsi yang berlebihan dapat mengakibatkan kekurangan kalium dalam tubuh. Sebaiknya, tambahkan dua sendok makan cuka apel ke dalam 250 ml air dan minum campuran ini. Bagi penderita diabetes, penting untuk memantau kadar gula darah ketika mengonsumsi campuran ini.

4. Jus seledri: 

 

Jus seledri sedang digemari sebagai obat batu ginjal alami. Sebagaimana sayuran lainnya, seledri mengandung kalium, vitamin A, vitamin C, dan antioksidan yang bermanfaat untuk tubuh. Kandungan antioksidan dalam jus seledri diketahui dapat membantu meningkatkan produksi urine sehingga dapat mengurangi kemungkinan pembentukan batu ginjal baru.


Dalam menjaga kesehatan dan mengatasi masalah batu ginjal, penting untuk mengonsumsi obat batu ginjal alami dengan bijak dan tidak mengabaikan anjuran dokter. Selalu konsultasikan dengan dokter Anda sebelum memulai pengobatan apa pun.