Iklan

terkini

Cara Mengatasi Ketiak Basah Yang Bikin Bau Tak Sedap

, Januari 28, 2024 WIB
Ketiak Basah

Ketiak yang basah pasti membuat Anda merasa tidak nyaman dan tidak percaya diri. Karena tidak tahu cara memperbaikinya, sebagian orang memilih cuek dan membiarkan masalah itu terjadi. Sebenarnya ada banyak cara untuk mengatasi ketiak basah. Namun sebelum Anda mengetahui cara mengatasi ketiak basah, Anda harus memahami terlebih dahulu apa saja penyebabnya. 

 

Ayo cari tahu!Penyebab Ketiak Basah


Masalah ketiak basah yang tiada henti bisa disebabkan oleh beberapa faktor. Faktor-faktor tersebut juga perlu Anda ketahui agar dapat mengobatinya dengan baik. 

 

Berikut beberapa di antaranya:

 

1. SERING KONSUMSI MAKANAN PANAS

 

Tahukah Anda bahwa kebiasaan makan atau minum makanan panas juga meningkatkan masalah ketiak basah. Sebab saat Anda mengonsumsi makanan panas, suhu tubuh pun ikut meningkat. Hal ini menyebabkan lebih banyak keringat yang keluar dari tubuh.

 

2. HOBI MAKAN MAKANAN PEDAS

 

Seperti halnya makanan panas, makanan pedas juga bisa membuat Anda lebih banyak berkeringat. Ini karena otak manusia bereaksi segera setelah menerima capsaicin yang terdapat pada cabai. Zat ini mempunyai sifat panas sehingga mampu meningkatkan produksi keringat.

 

3. TERLALU BANYAK AKTIVITAS

 



Banyaknya olah raga juga meningkatkan produksi keringat dalam tubuh. Semakin tinggi tingkat aktivitas, semakin besar pula risiko terjadinya masalah ketiak basah. Jika tidak ditangani dengan baik, malah bisa membuat badan berbau tidak sedap.

 

4. KOMBINASI KONDISI HIPERHIDROSIS

 

Jika Anda merasa tidak melakukan hal di atas namun masih mengalami masalah ketiak basah, bisa juga karena suatu penyakit. Salah satunya adalah keringat berlebih bawaan yang disebut hiperhidrosis. Jika ini yang menyebabkan ketiak Anda basah, ada beberapa cara untuk mengatasi keringat berlebih akibat keringat berlebih.

 

5. CUACA DI LINGKUNGAN

 

Masalah ketiak basah juga bisa dipicu oleh cuaca di lingkungan tempat tinggal anda. Orang yang tinggal di dataran rendah atau pesisir dengan cuaca hangat berisiko lebih besar terkena ketiak basah. Hal ini terjadi ketika cuaca panas dapat meningkatkan suhu tubuh dan produksi keringat berlebih.

 

JADI BAGAIMANA KITA LAKUKAN DENGAN TANDANYA?

 

Mengetahui berbagai dampak buruk yang bisa terjadi akibat ketiak basah, tentu Anda ingin segera mengobatinya bukan? 


Berikut beberapa cara mengatasi ketiak basah yang bisa Anda lakukan:

 

Baca Juga : 3 Cara Membobol Sandi Wifi dengan Cepat

 

1. PERIKSA BAGIAN TUBUH SAAT MANDI DENGAN DETAIL

 

Menggunakan sabun anti bakteri saat mandi membantu membunuh bakteri penyebab bau lebih efektif dibandingkan sabun biasa. Bersihkan juga bagian tubuh yang mengeluarkan keringat seperti leher, ketiak, telapak tangan, dan telapak kaki. Setelah mandi, keringkan tubuh dengan handuk dan kenakan pakaian bersih.

 

2. GANTI PAKAIAN SECARA TERATUR

 

Meski terkesan sepele, namun mengganti pakaian setiap hari mempunyai manfaat yang sangat besar. Banyak bakteri, keringat dan kotoran yang menempel pada pakaian bekas. Pakaian yang digunakan untuk menjaga kesehatan kulit sebaiknya segera dicuci dan tidak langsung digunakan kembali. Anda harus mengganti pakaian Anda setidaknya dua kali sehari.

 

3. HINDARI MAKANAN BERLEMAK

 

Meski makanan berlemak seperti santan atau daging bisa menyebabkan ketiak, padahal enak disantap. Pasalnya, makanan tersebut cukup berkontribusi terhadap produksi keringat dalam tubuh. Untuk kesehatan, sebaiknya kurangi konsumsi makanan berlemak dan kurangi risiko ketiak basah.

 

4. HINDARI PERASAAN KECEMASAN DAN STRES

 

Baca Juga : Daftar Aplikasi Penghasil Uang 50rb - 100rb perhari

 

Perasaan cemas dan takut dapat membuat jantung berdetak lebih cepat. Bila hal ini dibiarkan, produksi keringat pun meningkat. Anda juga cenderung lebih mudah berkeringat dan ketiak basah saat stres atau gugup. Anda dapat mengatasinya jika mempelajari teknik relaksasi dan pengendalian diri.

 

5. GUNAKAN DEODORAN YANG MENGANDUNG ANTIPERSPIRANT

 

Deodoran memang pilihan terbaik untuk masalah ketiak. Namun, agar deodoran yang Anda gunakan tidak hanya menghilangkan bau ketiak, pilihlah produk yang juga mengandung antiperspiran. Kandungan antiperspirannya mampu mencegah keringat berlebih pada tubuh. Lebih baik lagi jika Anda menggunakan deodoran pada ketiak yang basah.

 

Sekarang Anda sudah tahu penyebab dan cara mengatasi ketiak basah. Jangan biarkan masalah ketiak basah mempengaruhi penampilan dan kepercayaan diri Anda..

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Cara Mengatasi Ketiak Basah Yang Bikin Bau Tak Sedap

Terkini

Iklan