Iklan

terkini

Cara Efektif Membersihkan Kerak Oli Mesin Mobil Mudah

, Januari 06, 2024 WIB
Kerak Oli Mesin Mobil

Cara Efektif Membersihkan Kerak Oli Mesin Mobil dengan Kreatif dan Cerdas - Untuk meningkatkan kinerja mobil, mesin yang dalam kondisi prima sangatlah penting. Oleh karena itu, pemilik mobil perlu secara rutin membersihkan mesin mobil mereka. Namun, membersihkan mesin mobil tidak semudah yang dibayangkan. Ada kerak oli mesin yang menempel yang tidak bisa dibersihkan hanya dengan mengguyur air dan menggunakan sabun pembersih seperti saat membersihkan bodi mobil. Lalu, bagaimana cara yang efektif untuk membersihkan kerak ini?

Cara Efektif Membersihkan Kerak Oli Mesin Mobil

 

Ada beberapa cara yang perlu Anda ketahui ketika ingin membersihkan kerak oli pada mesin mobil. Berikut adalah langkah-langkahnya.

1. Menghindari Sinar Matahari

 

Langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah memindahkan mobil yang akan Anda bersihkan mesinnya dari sinar matahari langsung. Ini penting agar panas matahari tidak mengenai komponen mobil yang terbuat dari plastik dan karet. Komponen ini rentan terhadap perubahan bentuk dan kekerasan ketika terkena panas matahari.

2. Menyiapkan Peralatan Pembersihan

 

Langkah kedua adalah menyiapkan semua peralatan yang dibutuhkan untuk membersihkan mesin mobil. Mulai dari kain mikrofiber, sikat gigi, spons, hingga pembersih khusus seperti kondisioner mesin. Pembersih ini akan membantu memproduksi busa yang akan memudahkan proses pembersihan kerak oli pada mesin.

Selain kondisioner mesin, Anda juga perlu menggunakan pembersih mesin (engine flush) untuk membersihkan kerak oli yang membandel. Pembersih mesin ini biasanya digunakan sebelum Anda melakukan proses pembersihan. Cukup taburkan pembersih mesin ini ke bagian mesin sebelum mesin mobil dipanaskan. Bentuknya mirip dengan deterjen.

Cara penggunaan pembersih mesin ini sangat mudah, yaitu dengan memasukkan pembersih ini ke lubang oli mesin yang belum diganti. Kemudian, nyalakan mesin selama 15 menit. Pastikan posisi gas stasioner dengan RPM 2000.

3. Memanaskan Mesin Mobil Terlebih Dahulu

 

Langkah ketiga adalah memanaskan mesin mobil selama kurang lebih 15-20 menit agar noda pada mesin mudah dibersihkan.

4. Melepas Bagian Aki Mesin

 

Sebelum membersihkan mesin, Anda perlu melepas bagian aki mobil terlebih dahulu. Hal ini dilakukan untuk menghindari korsleting listrik saat menyiram mesin dengan air. Jangan lupa untuk melindungi komponen elektronik yang melekat pada mesin dengan bahan anti air seperti plastik atau aluminium foil.

5. Membersihkan Mesin Mobil

 

Langkah kelima adalah membersihkan mesin mobil. Berikut adalah tahapannya:


  • Semprotkan kondisioner mesin pada kerak oli mesin, lalu sikat perlahan dengan sikat gigi hingga bersih.
  • Jika kondisioner mesin belum bisa membersihkan mesin dengan baik, gunakan pembersih mesin (engine degreaser). Semprotkan engine degreaser ke ruang mesin, kemudian sikat perlahan dengan sikat gigi. Setelah itu, siram dengan air sabun dan sikat lagi hingga bersih. Jika noda dan kerak oli sudah terlepas, bilas dengan air mengalir. Terakhir, keringkan ruang mesin dengan kain mikrofiber.


Selain menggunakan pembersih khusus di atas, Anda juga dapat membersihkan kerak oli pada mesin mobil dengan air panas, bensin, alkohol, atau bahkan minyak tanah.

6. Memasang Aki Kembali

 

Langkah keenam adalah memasang kembali bagian aki yang sudah dilepas.

7. Menyalakan Mesin

 

Langkah terakhir, jika aki sudah dipasang dengan baik, Anda perlu menyalakan mesin untuk menguji kondisi mesin.



Demikianlah beberapa cara yang bisa Anda lakukan saat ingin membersihkan kerak oli pada mesin mobil. Selain langkah-langkah di atas, Anda juga bisa meminta bantuan mekanik ahli di bengkel resmi untuk membersihkan mesin dengan lebih profesional.


Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Cara Efektif Membersihkan Kerak Oli Mesin Mobil Mudah

Terkini

Iklan