Iklan

terkini

9 Ide Bisnis Digital Yang Menjanjikan Cuan

, Januari 08, 2024 WIB

Ide Bisnis Digital

Apa Itu Bisnis Digital dan 9 Ide Bisnis Digital yang Menjanjikan - Bisnis digital merupakan salah satu penerapan teknologi digital dalam mengubah model bentuk bisnis konvensional. Tujuannya yaitu guna meningkatkan pendapatan secara cepat dan peluang dalam menghasilkan nilai. 

 

Setiap perusahaan dapat mengubah bisnis mereka secara digital dengan mengadopsi teknologi digital yang saat ini sedang diimplementasikan oleh mayoritas para pebisnis. Perusahaan-perusahaan ternama sudah menggunakan strategi ini dengan hasil yang luar biasa dalam hal pendapatan, keuntungan, dan kepuasan pelanggan.



Bisnis digital adalah bisnis yang memanfaatkan teknologi informasi baik secara internal maupun eksternal. Teknologi informasi telah mengubah arsitektur dan operasi bisnis sejak akses Internet memudahkan para pebisnis dan individu untuk beraktivitas. Cara organisasi beroperasi sehari-hari juga mengalami transformasi yang signifikan melalui pemanfaatan teknologi. 

 

Dunia usaha sekarang merasakan akan dampak signifikan dari revolusi digital ini dengan percepatan aktivitas dan serta prosedur perusahaan untuk memanfaatkan peluang dengan pendekatan strategis secara maksimal. Perusahaan digital dapat memanfaatkan hal ini sebaik-baiknya sehingga dapat mencapai keuntungan maksimal sekaligus mengurangi kerugian.



Kita dapat melihat berbagai jenis bisnis digital yang sudah ada sekarang. Pemanfaatan teknologi sudah tidak lagi menjadi hal yang asing bagi mayoritas perusahaan yang sebelumnya hanya menjalankan bisnis secara konvensional. Kini, kita melihat kesuksesan transformasi bisnis mereka. Beberapa jenis bisnis digital yang sedang merajai dunia bisnis adalah sebagai berikut:

1. E-commerce: 

 

Transformasi digital di sektor ritel kita kenal dengan adanya berbagai platform e-commerce. Terjadi perubahan dalam bentuk penawaran produk yang memungkinkan pemilik bisnis meningkatkan kinerja sistem secara teknologi. Pemilik usaha bisnis retail dapat memanfaatkan teknologi untuk mengembangkan strategi bisnis dan interaksi pelanggan sekaligus mengatur keuangan melalui pencatatan transaksi secara otomatis.

2. Chatbot: 

 

Mayoritas perusahaan memanfaatkan chatbot dengan dukungan kecerdasan buatan. Fitur chatbot ini membantu pemilik usaha dan bisnis dalam mendengar keluhan pelanggan secara langsung dan cepat. Selain itu, chatbot juga dapat menurunkan biaya untuk proses pengiriman broadcast dan keperluan lainnya.

3. Layanan Streaming: 

 

Akses hiburan semakin mudah melalui perangkat gawai, di mana perusahaan di bidang hiburan kini menawarkan layanan streaming. Streaming tidak hanya terbatas pada siaran radio atau musik, tetapi juga mencakup film dan berbagai tayangan visual. Beberapa perusahaan terkemuka di sektor ini termasuk Netflix, Spotify, dan lain sebagainya.

Nah, bagi kalian yang ingin memulai bisnis digital yang menjanjikan, berikut ini ada beberapa ide bisnis yang bisa kalian coba:


1. Kerajinan Handmade: 

Kesempatan menjual produk kerajinan handmade sudah ada sejak berdirinya Etsy, pasar online terbesar untuk produk handmade atau barang kuno. Seiring dengan menjamurnya penggunaan internet dan kemudahan dalam metode pembayaran, banyak orang semakin suka menjual produk handmade mereka melalui Etsy dan berbagai platform lainnya karena investasi yang rendah tetapi memiliki nilai jual yang tinggi.

2. Podcast: 

 

Kegiatan podcast menjadi sangat populer dalam tiga tahun terakhir. Podcast yang menarik dengan mengundang tamu yang kompeten juga dapat menghasilkan uang cukup signifikan. Kalian dapat memilih topik yang kalian bisa kuasai dengan pangsa pasar yang dapat kalian pilih, seperti musik, kewirausahaan, video game, dan lain sebagainya.

3. Content Writer: 

 

Peluang menjadi content writer sebenarnya sudah terbuka sejak satu dekade yang lalu. Namun, kebutuhan tenaga penulis konten saat ini semakin tinggi. Tentu, seorang penulis konten harus bisa mempunyai pengetahuan luas dan kemampuan menulis yang bagus.

4. Konsultan SEO: 

 

Tidak dapat dipungkiri saat bahwa profesi ini menjadi salah satu bentuk bisnis usaha  digital terpopuler. Search Engine Optimization (SEO) adalah kebutuhan mutlak bagi pebisnis yang ingin menduduki halaman pertama mesin pencari, terutama di Google. Konsultan SEO yang kompeten dapat mengubah bisnis yang tidak dikenal menjadi perusahaan yang situsnya berada di halaman pertama Google.

5. Konsultan Media Sosial: 

 

Bisnis ini sangat ideal bagi kalian yang sudah paham dengan algoritma media sosial dalam mencapai tujuan bisnis. Kalian dapat melakukan spesialisasi untuk beberapa jenis bisnis atau menjadi manajer media sosial secara umum dengan menguasai cara kerja LinkedIn, Twitter, dan media sosial lainnya.

6. Kreator Konten Video: 

 

Saat ini, video singkat atau video panjang telah menjadi bentuk hiburan utama. Kalian bisa memaksimalkan keuntungan dengan cara menayangkan video singkat yang unik, bermanfaat, menghibur, dan lain sebagainya. Temukan banyak pangsa pasar yang tepat dan jumlah tayangkan video berkualitas sehingga menarik banyak penonton yang dapat mempengaruhi pendapatan.

7. Web Developer: 

 

Kalian juga dapat menjadi web developer dengan menjadikannya sebagai bisnis sampingan saat berkuliah. Kalian dapat membuat tema WordPress dan menjualnya di beberapa platform seperti Envato Market. Tingkat investasi yang dibutuhkan rendah sedangkan nilai keuntungannya tinggi.

8. Videografer Drone: 

 

Drone telah menjadi salah satu alat yang sangat populer bagi kreator video. Kalian dapat berinvestasi dalam drone dan mempelajari cara mengoperasikannya. Mulailah dengan alat drone berukuran kecil apabila anggaran kalian terbatas.

9. Afiliasi: 

 

Pemasar afiliasi atau affiliate marketer telah populer sejak awal internet diperkenalkan. Namun saat ini, pemasar afiliasi memiliki banyak kesempatan yang lebih luas untuk mencari cuan. Manfaatkan situs-situs raksasa yang menawarkan program afiliasi ini dengan cara membuat blog kalian sendiri.


Itulah pengertian bisnis digital, fungsi bisnis digital, serta contoh-contoh bisnis digital yang bisa kalian lakukan. Tentunya, untuk menjadi profesional dalam bisnis digital, kalian harus memiliki banyak pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan.

 

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • 9 Ide Bisnis Digital Yang Menjanjikan Cuan

Terkini

Iklan