Iklan

terkini

Apa saja tips supaya lolos tes CPNS?

, Desember 11, 2023 WIB
CPNS

Menurut Sobat Betuah.id, SKD tuh bener-bener harus effort banget! The war starts here. Karena kalian gak cuma harus lolos melewati passing grade, tetapi kalian juga harus memastikan kalau score yang kalian dapat sudah berada di posisi setidaknya 10 besar untuk formasi yang dilamar di antara ratusan/ribuan orang pelamar. Karena ini menentukan perjalanan kita selanjutnya, setidaknya kalau sudah lolos di tahap ini rasanya sudah punya kemungkinan 30% di tangan. SKD ini memakai sistem gugur yah. Apa yang harus dilakukan?

Persiapan yang matang:


Sebelum menentukan untuk masuk ke dunia PNS ini, tentu kalian harus memikirkan dengan matang-matang. Dimulai dari kenapa harus pns, pekerjaannya di pns, dan jangan lupa risikonya. Karena setiap apapun yang kalian ambil pasti ada risikonya, no matter where/when/who you are.


Kalau sudah yakin dan mantap, prepare yourself as well. Caranya? Ya belajar sih. Mau belajar dari buku, ikut kelas online, atau rajin cari try out gratis, dsb. Soalnya itu merupakan cara untuk salah satu cara kita untuk mendapat referensi soal-soal. Cara belajarnya juga disesuaikan saja, setidaknya dalam kurun waktu seminggu bisa diluangin 5 jam buat belajar atau flashing soal-soal aja. Kalau gabisa, disesuaikan saja senyamannya.
Strategi dalam pengerjaan SKD:

Survei lokasi SKD min H-1. Kenapa? 

Untuk mengestimasi kira-kira jarak waktu tempuh menuju lokasi berapa lama, apalagi untuk yang kesana naik kendaraan umum. Atau mungkin yg bawa kendaraan pribadi juga harus memastikan kira-kira parkir di tempat lokasi dimana, supaya menghemat waktu.


Bawa dokumen sesuai persyaratan aja. Dulu aku bawa dokumen sampe akte lahir, transkrip, ijasah, dsb. Akhirnya disana bener2 gak dipake, malah berat2in tas aja:(((. Lesson learned guys.
Sebaiknya, gak buka FR (field report) ketika hari H. Ini opsional sih, karena ketika kita tes butuh ketenangan, once udah buka FR rasanya insecure malah jadi panik sendiri. Pokoknya sebelum tes harus tenang, itu adalah koentjii!


TENANG! APAPUN YANG TERJADI DI DALAM KONDISI APAPUN. Tapi susah:((((. Tapi kalau gak tenang, kita malah jadi gegabah di dalam, jadi gak fokus, dan buyar.
PENTING!!! ESTIMASIKAN WAKTU PENGERJAAN SE-EFISIEN MUNGKIN. Hint: kalau ada soal yang panjang bacaannya dan ketika dibaca butuh pengulangan berkali-kali, skip ke soal selanjutnya. 

 

Utamakan yang bacaannya pendek, jelas, padat, tapi tau pasti jawabannya. Dulu aku triknya, alokasi per soal 1 min, ketika lebih next soal. Gapapa banyak yang kosong di awal karena bisa diulang dan yang jelas kita prioritaskan soal yang kita bisa. Jangan gegabah! 

 

Kalau yang sudah ada yang selesai lebih cepat dan beliau keluar lebih dulu, gapapa. Jangan terpancing. Lebih baik tetap stay dan pastikan soal yang kamu hadapi semuanya terisi.
Ketika sudah selesai, aku keluar dan duduk sebentar. Yang lain banyak melihat layar untuk memastikan kira-kira persaingan hari itu gimana. Kalau aku gak terlalu memperhatikan, karena itu rasanya hanya menampilkan nilai real time sesi itu, gak mendeskripsikan nilai-nilai pada hari sebelumnya atau sesudahnya. Aku bahkan gatau saingan ku kira-kira dapat score berapa. Lebih baik LUPAKAN! Ikhlaskan, lanjutkan hari mu saat itu juga. Yakinlah, apapun yang terjadi di dalam, itu sudah yang terbaik dari kita.

 

SKB

 


SELAMAT! Kamu sudah di tahap ini. Tapi jangan terlalu senang dulu, karena kamu masih harus berjuang! Karena SKB ini soalnya bener-bener random, gak ada guidance pasti kaya soal SKD sebelumnya. Trus, SKB juga ada beberapa tahap :


SKB CAT

 

Yang diuji adalah bener-bener background kamu, kurang lebih kaya soal kuliah. Misal, aku lulusan jurusan teknik industri maka pertanyaannya seputar teknis industri dari tahun 1–4. Selain itu juga, kalian bisa baca-baca tentang petunjuk teknis tentang jabfung yang dilamar, manajemen ASN, dsb. Pokoknya bener-bener random. Tapi mostly adalah ttg jurusan kuliah kalian. Ketika SKB ini aku bener-bener gak mempersiapkan apapun, nothing to lose! Oiyaa, Kalau ini sih sudah tidak ada sistem gugur.
Talent mapping
Ini sih kaya soal tes psikotes biasa, pilih mana yang kamu banget dan pastikan jujur yah!

 

Wawancara

 

Ini merupakan tahapan terakhir dari serangkaian tes CPNS. Sama kaya kalian melamar pekerjaan lain, pastikan kamu harus punya bekal sebelum wawancara. Persiapannya:


1. Fisik dan mental
2. Memiliki gambaran kira-kira pekerjaan yang akan kita lakukan seperti apa
3. Kamu harus tau tugas pokok dan fungsi (tupoksi) dari mulai instansi sampai deputi yang kamu lamar.
4. Sisanya sama seperti pertanyaan wawancara lainnya, kaya kontribusi, pekerjaan sebelumnya, kenapa pilih asn, dsb.


Oya, saranku bagi yang sudah memiliki pekerjaan sebelumnya, jangan langsung resign sampai kamu dapat kejelesan kamu sudah diterima. Karena masih banyak banget yang resign ketika baru tahapan SKD. Rasanya sayang, yang ini belum pasti dapat, tapi yang sudah pasti dapat malah dilepas gitu aja:(

Jika semua rangkaian eksekusi sudah dilaksanakan, maka selanjutnya tinggal berdoa dan minta doa orang tua. Sudah, selanjutnya biar Allah yang memutuskan. Kalau dapat alhamdulillah, kalau gak dapat masih ada tahun berikutnya, masih ada pekerjaan lain.

Semangat teman-teman pejuang NIP!!! Semoga bermanfaaat

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Apa saja tips supaya lolos tes CPNS?

Terkini

Iklan