10 pengertian geografi menurut para ahli?

geografi

10 pengertian geografi menurut para ahli?

 

Jawaban:

 

Berikut adalah 10 pengertian geografi menurut beberapa ahli:

 

  1. Alexander von Humboldt:Geografi adalah ilmu yang mempelajari distribusi fenomena fisik dan manusia di permukaan bumi serta interaksi antara manusia dan lingkungannya.
  2.  Eratosthenes:Geografi adalah ilmu yang mempelajari ukuran dan bentuk bumi, serta menyusun peta berdasarkan pengukuran dan perhitungan matematis.
  3. Jean Brunhes:Geografi adalah ilmu yang mempelajari asal usul, distribusi, dan hubungan antara unsur-unsur fisik dan manusia di permukaan bumi.
  4. Paul Vidal de la Blache:Geografi adalah ilmu yang mempelajari kesatuan wilayah sebagai hasil dari interaksi antara manusia dan lingkungannya, serta memahami karakteristik budaya dan alamiah suatu daerah.
  5. Ellen Churchill Semple:Geografi adalah ilmu yang mempelajari pengaruh lingkungan fisik terhadap manusia, termasuk aspek sosial, ekonomi, dan politik.
  6. Richard Hartshorne:Geografi adalah ilmu yang mempelajari perbedaan dan variasi di permukaan bumi, serta menyelidiki hubungan antara manusia dan lingkungannya.
  7. Wilhelm Koeppen:Geografi adalah ilmu yang mempelajari iklim, vegetasi, dan tanah sebagai bagian dari kompleks geografi suatu daerah.
  8. Jean Tricart:Geografi adalah ilmu yang mempelajari interaksi antara manusia dan lingkungannya dalam bentuk penggunaan lahan dan pemanfaatan sumber daya alam.
  9. Richard Chorley:Geografi adalah ilmu yang mempelajari perubahan spasial di permukaan bumi dan mencari pemahaman tentang bagaimana proses alami dan manusia mempengaruhi pola distribusi.
  10. Peter Haggett:Geografi adalah ilmu yang mempelajari distribusi spasial manusia dan fenomena fisik di permukaan bumi serta faktor-faktor yang mempengaruhi pola tersebut.

 

Pengertian geografi dapat bervariasi tergantung pada fokus dan pendekatan masing-masing ahli, tetapi secara umum geografi adalah ilmu yang mempelajari tentang ruang dan interaksi antara manusia dan lingkungannya di permukaan bumi.