Perbedaan Antara AM dan PM dalam Waktu

Sobat Betuah.id, selamat datang di artikel yang membahas perbedaan antara AM dan PM dalam waktu. Mungkin beberapa dari kamu sudah familiar dengan istilah ini, tapi apakah kalian benar-benar memahaminya? Yuk, simak penjelasan lengkapnya di bawah ini! 


Definisi AM dan PM

 

Sebelum membahas perbedaannya, kita harus memahami terlebih dahulu apa yang dimaksud dengan AM dan PM. Kedua istilah ini digunakan untuk menunjukkan waktu pada jam 12 jam, yang berbeda dengan jam 24 jam yang biasa digunakan di beberapa negara. AM adalah singkatan dari Ante Meridiem yang berasal dari bahasa Latin yang artinya "sebelum tengah hari". Sedangkan PM adalah singkatan dari Post Meridiem yang juga berasal dari bahasa Latin yang artinya "setelah tengah hari". 

 

Perbedaan Antara AM dan PM

 

Perbedaan utama antara AM dan PM terletak pada rentang waktu yang digunakan. AM digunakan untuk menunjukkan waktu dari tengah malam hingga tepat sebelum tengah hari, yaitu pukul 12 siang. Sementara itu, PM digunakan untuk menunjukkan waktu dari tengah hari hingga tepat sebelum tengah malam, yaitu pukul 12 malam. Jadi, jika kita menggunakan jam 12 jam, pukul 1 pagi adalah 1 AM, sedangkan pukul 1 sore adalah 1 PM. Begitu juga dengan pukul 12 siang, yang ditunjukkan dengan 12 PM, dan pukul 12 malam, yang ditunjukkan dengan 12 AM. 

 

Contoh Penggunaan AM dan PM

 

Contoh penggunaan AM dan PM dapat ditemukan dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya, ketika kita memesan tiket pesawat, kita akan disajikan dengan waktu keberangkatan dalam format 12 jam. Jika waktu keberangkatan adalah pukul 10 pagi, maka akan ditulis sebagai 10 AM. Begitu juga dengan waktu tiba, yang bisa ditunjukkan sebagai 2 PM jika pesawat tiba pada pukul 2 siang. Selain itu, dalam format waktu 12 jam, penggunaan AM dan PM juga digunakan pada jam alarm. Jika kita ingin bangun pukul 6 pagi, maka kita harus memastikan bahwa alarm diatur pada 6 AM. Begitu juga jika kita ingin mengatur alarm pada pukul 10 malam, maka kita harus memilih 10 PM. 

 

Perbedaan AM dan PM di Berbagai Negara

 

Meskipun AM dan PM digunakan secara luas di seluruh dunia, ada beberapa negara yang lebih cenderung menggunakan format waktu 24 jam. Contohnya adalah negara-negara di Eropa, termasuk Inggris, Spanyol, dan Prancis. Namun, Amerika Serikat dan beberapa negara lainnya masih menggunakan format waktu 12 jam dengan penggunaan AM dan PM. 

 

Kesimpulan

 

Dalam artikel ini, kita telah membahas perbedaan antara AM dan PM dalam waktu. AM digunakan untukmenunjukkan waktu sejak tengah malam hingga tepat sebelum tengah hari, sedangkan PM digunakan untuk menunjukkan waktu dari tengah hari hingga tepat sebelum tengah malam. Penggunaan AM dan PM dapat ditemukan dalam kehidupan sehari-hari, seperti pada tiket pesawat dan pengaturan alarm. Namun, perlu diingat bahwa tidak semua negara menggunakan format waktu 12 jam dengan penggunaan AM dan PM. Beberapa negara di Eropa lebih cenderung menggunakan format waktu 24 jam. Semoga penjelasan di atas dapat membantu kamu memahami perbedaan antara AM dan PM dalam waktu dengan lebih baik. Jangan lupa untuk selalu memperhatikan format waktu yang digunakan, terutama jika kamu akan melakukan perjalanan ke negara yang menggunakan format waktu berbeda.

 

Sampai Jumpa Kembali Sobat Betuah.id!

 

Terima kasih telah membaca artikel ini dan semoga bermanfaat bagi kamu. Jangan lupa untuk selalu mengunjungi Sobat Betuah.id untuk membaca artikel menarik lainnya seputar berbagai topik yang informatif dan bermanfaat. Sampai jumpa lagi!