Pengertian Manusia Purba

Hello Sobat Betuah.id, Manusia purba adalah sebuah istilah yang digunakan untuk menyebutkan manusia yang hidup pada masa lampau, sebelum zaman modern seperti sekarang. Manusia purba pertama kali muncul di bumi sekitar 6 juta tahun yang lalu. Mereka berkembang dan memperlihatkan kemajuan dalam evolusi hingga akhirnya berevolusi menjadi manusia modern yang kita kenal saat ini. Dalam artikel ini, kita akan membahas lebih lanjut tentang pengertian manusia purba dan sejarah evolusi manusia dari zaman purba hingga zaman modern. 

 

Pengertian Manusia Purba

 

Manusia purba adalah manusia yang hidup pada zaman prasejarah, yang telah meninggalkan bekas-bekas kehidupannya di masa lalu. Mereka memiliki ciri-ciri fisik dan perilaku yang berbeda dengan manusia modern. Manusia purba pertama kali muncul sekitar 6 juta tahun yang lalu dan berkembang pesat selama jutaan tahun. Mereka hidup dalam berbagai jenis lingkungan dan memanfaatkan sumber daya yang tersedia di sekitar mereka. 

 

Sejarah Evolusi Manusia Purba

 

Sejarah evolusi manusia purba dimulai sekitar 6 juta tahun yang lalu, ketika nenek moyang kita, saudara-saudara kita yang lebih awal, muncul di Afrika. Seiring waktu, manusia purba mengalami perkembangan dan evolusi hingga akhirnya berevolusi menjadi manusia modern. Berikut ini adalah beberapa jenis manusia purba yang pernah ada dan sejarah evolusinya: 

 

Australopithecus

 

Australopithecus adalah salah satu jenis manusia purba yang pertama kali muncul di Afrika sekitar 4,2 juta tahun yang lalu. Mereka dikenal karena memiliki ciri-ciri fisik seperti rahang yang besar dan kuat, serta gigi yang besar. Mereka juga sudah mampu berjalan tegak menggunakan kedua kaki mereka. 

 

Homo Habilis

 

Homo Habilis adalah salah satu jenis manusia purba yang hidup sekitar 2,8 juta tahun yang lalu. Mereka sudah memiliki otak yang lebih besar dibandingkan dengan Australopithecus, serta kemampuan dalam membuat alat-alat sederhana. 

 

Homo Erectus

 

Homo Erectus adalah salah satu jenis manusia purba yang hidup sekitar 1,8 juta tahun yang lalu. Mereka dikenal karena memiliki otak yang lebih besar dan kemampuan untuk membuat alat-alat yang lebih kompleks. Mereka juga sudah mampu berjalan jauh dan menyebar ke luar Afrika. 

 

Homo Sapiens

 

Homo Sapiens adalah jenis manusia purba yang hidup sekitar 300.000 tahun yang lalu dan merupakan nenek moyang dari manusia modern. Mereka memiliki otak yang lebih besar dan mampu membuat alat-alat yang lebih kompleks. Mereka juga memiliki kemampuan untuk berbicara dan berkomunikasi dengan bahasa.