Cara Mengobati Amandel dengan Mudah

Hello Sobat Betuah.id! Apakah kamu sedang mengalami sakit pada amandel? Sakit amandel memang bisa sangat mengganggu aktivitas sehari-hari. Namun, jangan khawatir karena pada artikel kali ini kami akan membahas cara mengobati amandel dengan mudah yang bisa kamu coba di rumah. Simak terus artikel ini ya!

 

Apa itu Amandel?

 

Amandel adalah kelenjar kecil yang berada di dalam mulut, di belakang uvula atau bola uvula. Amandel berfungsi sebagai penghalang untuk mencegah masuknya bakteri atau virus yang masuk ke dalam tubuh. Amandel bisa menjadi sakit ketika terjadi infeksi pada kelenjar tersebut.

 

Penyebab Amandel

 

Amandel dapat terjadi karena infeksi bakteri atau virus. Bakteri dan virus tersebut bisa masuk melalui mulut, hidung, atau telinga. Beberapa faktor risiko yang bisa menyebabkan amandel antara lain:

 

  • Kurangnya asupan nutrisi
  • Sistem kekebalan tubuh yang lemah
  • Kontak dengan orang yang sedang sakit
  • Polusi udara
  • Rokok

 

Gejala Amandel

 

Beberapa gejala amandel antara lain:

 

  • Sakit tenggorokan
  • Sulit menelan makanan atau minuman
  • Demam
  • Badan terasa lemas
  • Bengkak pada kelenjar getah bening
  • Muncul bintil-bintil kecil pada amandel

 

Cara Mengobati Amandel dengan Mudah

 

Berikut adalah beberapa cara mengobati amandel dengan mudah:

 

1. Garam dan Air Hangat

 

Garam dan air hangat dapat membantu meredakan sakit pada amandel. Caranya adalah dengan mencampurkan satu sendok teh garam ke dalam segelas air hangat. Kemudian, berkumurlah dengan air garam tersebut selama beberapa detik, lalu spitting.

 

2. Minum Teh dengan Madu dan Lemon

 

Minum teh dengan madu dan lemon dapat membantu meredakan sakit pada amandel dan juga memperkuat sistem kekebalan tubuh. Caranya adalah dengan mencampurkan satu sendok teh madu dan beberapa tetes lemon ke dalam teh hangat, kemudian minum secara perlahan.

 

3. Konsumsi Air Kelapa

 

Air kelapa dapat membantu meredakan sakit pada amandel dan juga menghidrasi tubuh. Konsumsilah air kelapa secara rutin untuk membantu meredakan sakit pada amandel.

 

4. Minum Air Putih yang Cukup

 

Minum air putih yang cukup dapatmembantu mengurangi pembengkakan pada amandel dan juga membantu menghilangkan infeksi. Pastikan kamu minum setidaknya 8 gelas air putih per hari untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi.

 

5. Berkumur dengan Larutan Antiseptik

 

Berkumur dengan larutan antiseptik dapat membantu membunuh bakteri yang menyebabkan sakit amandel. Kamu bisa mencampurkan satu sendok teh cuka sari apel ke dalam segelas air hangat untuk membuat larutan antiseptik yang ampuh.

 

6. Mengompres Area Amandel

 

Mengompres area amandel dengan es batu dapat membantu meredakan pembengkakan dan nyeri. Kamu juga bisa menggunakan handuk hangat yang dibasahi dengan air hangat untuk mengompres area amandel, agar sirkulasi darah menjadi lebih baik.

 

7. Menghindari Makanan yang Terlalu Pedas atau Asam

 

Makanan yang terlalu pedas atau asam dapat memperparah sakit pada amandel. Sebaiknya hindari makanan-makanan tersebut dan pilihlah makanan yang lembut dan mudah untuk ditelan.

 

8. Istirahat yang Cukup

 

Istirahat yang cukup dapat membantu tubuhmu untuk memperbaiki dan memperkuat sistem kekebalan tubuh. Hindari bekerja terlalu keras dan pastikan kamu tidur minimal 7-8 jam setiap malamnya.

 

9. Konsumsi Suplemen Vitamin C dan Zinc

 

Konsumsi suplemen vitamin C dan zinc dapat membantu memperkuat sistem kekebalan tubuhmu dan juga membantu mempercepat penyembuhan amandel. Kamu bisa mencari suplemen tersebut di apotek terdekat.

 

10. Minum Obat Pereda Nyeri

 

Jika sakit pada amandel kamu terasa sangat nyeri, kamu bisa mengonsumsi obat pereda nyeri seperti paracetamol atau ibuprofen. Namun, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter sebelum mengonsumsi obat-obatan tersebut.

 

11. Berkonsultasi dengan Dokter

 

Jika sakit pada amandelmu tidak kunjung membaik setelah mencoba beberapa cara di atas, segera berkonsultasi dengan dokter. Dokter akan memberikan penanganan yang lebih tepat sesuai dengan kondisi kamu.

 

Kesimpulan

 

Sakit amandel memang bisa sangat mengganggu aktivitas sehari-hari. Namun, dengan mencoba beberapa cara mengobati amandel dengan mudah yang sudah kami sebutkan di atas, kamu bisa meredakan sakit amandel dan mempercepat penyembuhannya. Namun, jika sakit pada amandel tidak kunjung membaik, jangan ragu untuk segera berkonsultasi dengan dokter. Semoga artikel ini bermanfaat dan sampai jumpa kembali di artikel menarik lainnya, Sobat Betuah.id!