20 Cara Mengatasi Cegukan: Kamu Wajib Coba

Hello Sobat Betuah.id! Cegukan adalah kondisi yang mungkin pernah dialami oleh kita semua. Meskipun umumnya tidak berbahaya, cegukan bisa sangat mengganggu dan mengganggu aktivitas sehari-hari. Jika kamu sedang mencari cara mengatasi cegukan, simak artikel ini sampai selesai. 

 

Apa itu cegukan?

 

Cegukan adalah kontraksi tiba-tiba pada otot-otot diafragma, otot yang memisahkan dada dan perut, yang memicu suara "hik" yang khas. Cegukan biasanya terjadi secara acak dan tidak terkendali dan umumnya berlangsung singkat, beberapa menit atau kurang.

 

Apa penyebab cegukan?

 

Penyebab cegukan masih belum diketahui secara pasti. Namun, beberapa faktor yang bisa memicu cegukan antara lain konsumsi makanan atau minuman terlalu cepat, kelelahan, stres, merokok, alkohol, dan bahkan perut yang terlalu penuh.

 

Apa bahaya cegukan?

 

Umumnya, cegukan tidak berbahaya dan akan hilang dengan sendirinya. Namun, cegukan yang berlangsung terus-menerus selama beberapa jam atau bahkan hari dapat menjadi tanda masalah kesehatan yang lebih serius, seperti kerusakan saraf vagus atau bahkan serangan jantung.

 

Cara mengatasi cegukan

 

Berikut adalah beberapa cara mengatasi cegukan:

 

1. Minum air secara perlahan

 

Minum air secara perlahan dapat membantu menyelesaikan cegukan dengan cepat. Air dingin lebih disukai, tetapi yang penting air dikonsumsi dalam jumlah kecil dan sering.

 

2. Menghirup karbon dioksida

 

Menghirup karbon dioksida dapat membantu merelaksasi otot-otot diafragma dan menghentikan cegukan. Kamu bisa mengambil napas dalam-dalam dan menahan napas selama beberapa detik, atau mencoba meniup balon atau menghirup gas helium.

 

3. Mengatasi dengan napas dalam

 

Mengambil napas dalam-dalam dan menahannya selama beberapa detik sebelum perlahan-lahan melepaskannya dapat membantu menenangkan sistem saraf dan menghentikan cegukan.

 

4. Teknik Valsalva

 

Teknik Valsalva melibatkan menahan napas, menutup mulut dan hidung, dan mengejan seolah-olah hendak buang air besar. Teknik ini dapat membantu menghentikan cegukan dengan menstimulasi saraf vagus.

 

5. Menarik napas dalam-dalam dan menelan air

 

Menarik napas dalam-dalam dan menelan air dapat membantu menstimulasi saraf faring dan membantu menghentikan cegukan.

 

6. Mengatasi dengan relaksasi

 

Mengatasi cegukan dengan relaksasi dapat membantu mengurangi stres yang bisa menjadi salah satu penyebab cegukan. Cobalah melakukan teknik pernapasan atau meditasi untuk membantu merelaksasi tubuh dan menghentikan cegukan.

 

7. Mengatasi dengan tekanan

 

Mengatasi cegukan dengan menekan atau memijat daerah di sekitar tenggorokan dapat membantu merangsang saraf dan menghentikan cegukan. Kamu bisa mencoba menekan atau memijat daerah di bawah rahang atau daerah sekitar tulang belikat.

 

8. Mengatasi dengan posisi

 

Mengubah posisi tubuh dapat membantu menghentikan cegukan. Cobalah berbaring atau duduk dengan posisi tegak untuk membantu memperkuat otot-otot diafragma dan mengurangi cegukan.

 

9. Mengatasi dengan makanan

 

Konsumsi makanan yang pedas, asam atau manis dapat membantu menstimulasi saraf yang terlibat dalam mengatur otot-otot diafragma dan menghentikan cegukan.

 

10. Mengatasi dengan membungkuk

 

Membungkuk dan menekan perut ke depan dapat membantu menghentikan cegukan dengan menstimulasi saraf vagus.

 

11. Mengatasi dengan cuka sari apel

 

Cuka sari apel diketahui memiliki sifat anti-inflamasi dan dapat membantu meredakan cegukan. Kamu bisa mencoba minum satu sendok teh cuka sari apel yang dicampur dengan segelas air.

 

12. Mengatasi dengan es batu

 

Es batu dapat membantu merelaksasi otot-otot diafragma dan menghentikan cegukan. Kamu bisa mencoba mengunyah es batu atau menempelkannya di tenggorokan untuk membantu mengurangi cegukan.

 

13. Mengatasi dengan jus lemon

 

Jus lemon mengandung asam sitrat yang dapat membantu merangsang saraf faring dan menghentikan cegukan. Kamu bisa mencoba minum jus lemon yang dicampur dengan sedikit gula atau madu.

 

14. Mengatasi dengan teh jahe

 

Teh jahe memiliki sifat anti-inflamasi dan dapat membantu meredakan cegukan. Kamu bisa mencoba minum teh jahe yang dicampur dengan madu atau gula.

 

15. Mengatasi dengan meniup telinga

 

Menghembuskan udara ke dalam telinga dapat membantu merangsang saraf faring dan menghentikan cegukan. Kamu bisa mencoba meniup udara ke dalam telinga dengan menggunakan jari dan telapak tangan.

 

16. Menghirup Tas Plastik

 

Metode ini mungkin terdengar agak aneh, namun cara ini bisa efektif dalam mengatasi cegukan. Caranya dengan menutupi mulut dan hidung dengan tas plastik kecil dan menarik napas perlahan-lahan selama beberapa detik. Kemudian, buang napas dengan perlahan dan lepaskan tas plastik. Cara ini bertujuan untuk menstabilkan kadar karbon dioksida dalam tubuh dan menghentikan cegukan. 

 

17. Bernapas dengan Tertahan

 

Metode ini dilakukan dengan cara menahan napas selama beberapa detik ketika merasa cegukan akan datang. Setelah itu, buang napas secara perlahan-lahan. Teknik ini berguna untuk membantu mengatur ritme pernapasan dan mencegah munculnya cegukan.

 

18. Menarik Lidah

 

Teknik yang satu ini mungkin terdengar tidak biasa, namun menarik lidah bisa membantu menghentikan cegukan. Caranya dengan menarik lidah keluar sejauh mungkin dari mulut selama beberapa detik. Hal ini membantu merangsang saraf di daerah tenggorokan dan mencegah cegukan.

 

19. Menelan Gula Pasir

 

Menelan satu sendok teh gula pasir bisa membantu mengatasi cegukan dengan cepat. Gula pasir akan merangsang saraf di daerah tenggorokan dan memberikan efek relaksasi pada otot-otot di sekitar diafragma. 

 

20. Mengatasi Penyebab Cegukan

 

Metode terakhir adalah dengan mengatasi penyebab cegukan secara langsung. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, cegukan bisa disebabkan oleh beberapa hal seperti makan terlalu cepat, kecemasan, dan makanan yang pedas. Dengan menghindari penyebab tersebut, maka kemungkinan untuk mengalami cegukan akan semakin kecil. 

 

Kesimpulan

 

Cegukan memang bisa terasa sangat mengganggu, namun dengan menggunakan beberapa teknik yang sudah dijelaskan di atas, Sobat Betuah.id bisa mengatasi cegukan dengan mudah dan cepat. Jika cegukan terus berlanjut dan tidak kunjung hilang, sebaiknya segera berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan penanganan yang lebih tepat. Sekian artikel tentang cara mengatasi cegukan ini. 

 

Semoga bermanfaat dan dapat membantu Sobat Betuah.id untuk mengatasi cegukan dengan mudah. Sampai jumpa di artikel menarik lainnya!