Struktur dan Fungsi Organel Sel Pada Mahkluk Hidup

 


Struktur dan Fungsi Organel Sel Pada Mahkluk Hidup

 

Setiap makhluk hidup memiliki sel sebagai unit terkecil kehidupan yang memiliki fungsi dan struktur tertentu. Sel adalah tempat terjadinya banyak reaksi kimia yang membantu menjalankan fungsi organisme tersebut. Struktur sel terdiri dari berbagai bagian yang disebut organel sel, masing-masing organel sel memiliki fungsi yang berbeda-beda dalam menjalankan aktivitas kehidupan.


Organel sel terbagi menjadi dua yaitu organel sel prokariotik dan eukariotik. Prokariotik hanya terdapat pada makhluk hidup yang termasuk dalam kerajaan monera seperti bakteri dan ganggang biru hijau. Sementara itu, organel sel eukariotik terdapat pada makhluk hidup yang lebih kompleks seperti tumbuhan, hewan, dan manusia.


Organel sel eukariotik terdiri dari berbagai jenis, diantaranya adalah:


1. Nukleus


Nukleus adalah organel sel eukariotik yang berfungsi sebagai pusat pengendali sel. Nukleus juga menjadi tempat untuk menyimpan materi genetik, yaitu DNA. Selain itu, nukleus juga mengatur aktivitas sel melalui pengendalian sintesis RNA dan protein.


2. Mitokondria


Mitokondria adalah organel sel eukariotik yang berperan dalam produksi energi sel. Mitokondria melakukan respirasi seluler yaitu proses pembuatan energi yang dilakukan melalui reaksi kimia antara glukosa dan oksigen.


3. Ribosom


Ribosom adalah organel sel yang memiliki fungsi sebagai sebuah tempat sintesis protein. Ribosom terdapat pada sel hewan dan sel tumbuhan dalam jumlah yang cukup banyak.


4. Retikulum Endoplasma


Retikulum endoplasma adalah jaringan membran yang terdapat pada sel eukariotik. Retikulum endoplasma dibedakan menjadi dua bagian, yaitu retikulum endoplasma kasar (REK) dan retikulum endoplasma halus (REH). REK berfungsi untuk sintesis protein, sedangkan REH berfungsi untuk pembuatan lipid.


5. Lisosom


Lisosom adalah merupakan salah satu organel sel yang memiliki peran dalam pencernaan intraseluler. Lisosom mampu memecah benda asing dan menghilangkan limbah sel.

 

6. Kloroplas


Kloroplas adalah merupakan organel sel yang hanya ada pada sel tumbuhan. Kloroplas berperan dalam fotosintesis yaitu proses pembuatan makanan yang dilakukan oleh tumbuhan.


7. Vacuola

 

Vacuola adalah organel sel yang berperan dalam menyimpan cadangan makanan, garam, dan air. Vacuola juga berfungsi untuk mengatur tekanan osmotik dalam sel.

 

8. Badan Golgi

 

Badan golgi adalah organel sel yang berfungsi untuk memodifikasi, menyimpan, dan mengirimkan molekul-molekul protein dan lipid. Badan golgi memiliki struktur seperti tumpukan pipa-pipa yang saling berhubungan.

 

Setiap organel sel pada mahkluk hidup tentu memiliki sebuah fungsi yang berbeda-beda