Sejarah Singkat Berdirinya Kerajaan Sriwijaya dan Nama-nama Rajanya


Hello Sobat Betuah.id! Kali ini kita akan membahas tentang sejarah berdirinya Kerajaan Sriwijaya dan nama-nama rajanya. Sebagai salah satu kerajaan besar di Nusantara, Sriwijaya memiliki sejarah yang sangat menarik untuk dipelajari. Yuk, simak ulasan berikut! 

 

Asal Usul Kerajaan Sriwijaya

 

Kerajaan Sriwijaya didirikan pada abad ke-7 oleh seorang raja bernama Dapunta Hyang Sri Jayanasa. Pada awalnya, Sriwijaya merupakan sebuah kerajaan kecil yang berpusat di wilayah Palembang, Sumatera Selatan. Namun, berkat kebijaksanaan dan keberhasilannya dalam menjalin hubungan dengan kerajaan-kerajaan lain, Sriwijaya kemudian berkembang menjadi kerajaan yang sangat besar dan kuat.

 

Perkembangan Kerajaan Sriwijaya

 

Sriwijaya mencapai puncak kejayaannya pada abad ke-8 hingga abad ke-11. Pada masa ini, Sriwijaya menjadi pusat perdagangan di Asia Tenggara dan memiliki pengaruh yang sangat besar di wilayah tersebut. Para pedagang dari Tiongkok, India, Arab, dan lain-lain datang ke Sriwijaya untuk melakukan perdagangan. Selain itu, Sriwijaya juga merupakan pusat kebudayaan dan agama di Nusantara. Agama Buddha dan Hindu berkembang pesat di Sriwijaya pada masa ini.

 

Nama-nama Raja Sriwijaya

 

Selama berabad-abad, Sriwijaya memiliki banyak raja yang memerintah. Berikut adalah beberapa nama raja Sriwijaya yang terkenal:

1. Dapunta Hyang Sri Jayanasa (abad ke-7)

2. Sri Indrawarman (abad ke-7 hingga abad ke-8)

3. Balaputradewa (abad ke-8 hingga abad ke-9)

4. Samaragrawira (abad ke-9)

5. Dharmasetu (abad ke-9 hingga abad ke-10)

6. Sri Udayadityavarman (abad ke-11)

7. Sri Cudamani Warmadewa (abad ke-11 hingga abad ke-12)

8. Rudra Vikraman (abad ke-12)

9. Sri Jaya Wisnuwardhana (abad ke-13 hingga abad ke-14)

 

Kejatuhan Kerajaan Sriwijaya

 

Setelah mencapai puncak kejayaannya, Sriwijaya mengalami kemunduran pada abad ke-11. Kemunduran ini disebabkan oleh beberapa faktor, antara lain adanya persaingan dengan kerajaan-kerajaan lain, terjadinya bencana alam, dan masuknya agama Islam ke Nusantara. Akhirnya, pada abad ke-14, Sriwijaya benar-benruntuh dan kekuasaannya beralih ke Kerajaan Majapahit di Jawa.

 

Warisan Kerajaan Sriwijaya

 

Meskipun Sriwijaya telah runtuh, warisannya tetap terasa hingga saat ini. Sriwijaya meninggalkan banyak peninggalan bersejarah yang dapat kita jumpai di Palembang, seperti Candi Muara Takus, Candi Kedukan Bukit, dan Candi Karanganyar. Selain itu, banyak budaya dan tradisi di Sumatera Selatan yang masih dipengaruhi oleh Sriwijaya, seperti adat perkawinan, seni tari, dan seni musik.

 

Kesimpulan

 

Itulah sedikit ulasan mengenai sejarah berdirinya Kerajaan Sriwijaya dan nama-nama rajanya. Sriwijaya merupakan kerajaan besar yang memiliki pengaruh yang besar di Asia Tenggara pada masanya. Meskipun telah runtuh, warisannya tetap terasa hingga saat ini dan menjadi bagian penting dari sejarah Nusantara. Semoga artikel ini bermanfaat untuk sobat Betuah.id. Sampai jumpa kembali di artikel menarik lainnya!