INILAH CARA DAFTAR DAN LOLOS MASUK UNIVERSITAS INDONESIA

Mendaftar ke Universitas Indonesia (UI) merupakan salah satu impian banyak siswa dan siswi SMA di Indonesia. UI adalah salah satu universitas terbaik di Indonesia dan memiliki reputasi yang baik di tingkat nasional dan internasional. Jika Anda ingin bergabung dengan UI, berikut adalah beberapa langkah-langkah yang perlu Anda lakukan untuk mendaftar:

 

Pilih Program Studi yang Diinginkan

 

UI menawarkan berbagai program studi di berbagai bidang, mulai dari ilmu sosial hingga teknik. Sebelum mendaftar, Anda harus memilih program studi yang ingin Anda ikuti. Anda bisa menemukan informasi tentang program studi di website UI atau mengunjungi kampus UI untuk konsultasi langsung dengan petugas penerimaan mahasiswa baru.

 

Persiapkan Dokumen yang Dibutuhkan

 

Setelah memilih program studi, Anda harus mempersiapkan dokumen-dokumen yang diperlukan untuk mendaftar. Dokumen-dokumen yang umumnya dibutuhkan antara lain:

 

  1. Fotokopi ijazah dan transkrip nilai SMA atau sederajat
  2. Fotokopi KTP atau kartu keluarga
  3. Pas foto terbaru
  4. Surat keterangan tentang kesehatan dari dokter
  5. Surat keterangan bahwa tidak buta warna dari dokter
  6. Surat keterangan bahwa bebas dari pemakaian narkoba dari lembaga yang berwenang

 

Pastikan bahwa dokumen-dokumen tersebut sudah lengkap dan sesuai dengan persyaratan yang ditetapkan oleh UI.

 

Daftar Melalui Website UI

 

Setelah dokumen-dokumen sudah lengkap, Anda bisa mendaftar melalui website UI. Buka website UI di alamat https://penerimaan.ui.ac.id/ dan klik tombol "Pendaftaran". Isi formulir pendaftaran dengan lengkap dan tepat, dan jangan lupa upload dokumen-dokumen yang sudah dipersiapkan sebelumnya.

 

Bayar Biaya Pendaftaran

 

Setelah mengisi formulir pendaftaran dan mengupload dokumen-dokumen, Anda harus membayar biaya pendaftaran. Biaya pendaftaran untuk tahun ajaran 2022/2023 adalah Rp 600.000 untuk program studi S1 reguler dan Rp 800.000 untuk program studi internasional. Anda bisa membayar biaya pendaftaran melalui ATM atau transfer bank ke rekening yang ditentukan oleh UI.

 

Ikuti Seleksi Masuk

 

Setelah mendaftar, Anda harus mengikuti seleksi masuk yang diadakan oleh UI. Seleksi masuk terdiri dari dua tahap, yaitu ujian tulis dan ujian wawancara. Ujian tulis terdiri dari tiga bagian, yaitu Tes Potensi Akademik (TPA), Tes Kemampuan Kuantitatif (TKK), dan Tes Kemampuan Verbal (TKV). Setelah lulus ujian tulis, Anda akan dipanggil untuk mengikuti ujian wawancara. Ujian wawancara biasanya dilakukan dalam dua tahap, yaitu wawancara dengan dosen dan wawancara dengan psikolog.

 

Baca Juga : 

INILAH DAFTAR REKOMENDASI KAMPUS TERBAIK DI INDONESIA

 

Pantau Hasil Seleksi

 

Setelah mengikuti seleksi masuk, Anda harus menunggu hasil seleksi. Hasil seleksi biasanya diumumkan melalui website UI. Jika