7 Beasiswa Kuliah Paling Bergengsi di Indonesia dan Luar Negeri

Mendapatkan beasiswa kuliah merupakan impian bagi banyak pelajar, terutama mereka yang ingin melanjutkan studi ke jenjang yang lebih tinggi. Namun, tidak semua beasiswa sama, ada beberapa yang lebih bergengsi daripada yang lain. Berikut adalah 7 Beasiswa Kuliah Paling Bergengsi di Indonesia dan Luar Negeri yang dapat Anda pertimbangkan:

 

1. Beasiswa LPDP

 

Beasiswa LPDP merupakan beasiswa yang diberikan oleh pemerintah Indonesia melalui Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP). Beasiswa ini diperuntukkan bagi mahasiswa S2 dan S3 yang ingin melanjutkan studi di dalam dan luar negeri. Beasiswa LPDP menawarkan biaya kuliah, biaya hidup, serta dana penelitian.

 

2. Beasiswa Chevening

 

Beasiswa Chevening adalah merupakan salah satu beasiswa yang diberikan dari Pemerintah Inggris melalui Kementerian Luar Negeri dan Persemakmuran Inggris. Beasiswa ini diperuntukkan bagi mahasiswa S2 yang ingin melanjutkan studi di Inggris. Beasiswa Chevening menawarkan biaya kuliah, biaya hidup, serta dana penelitian.

 

3. Beasiswa Fulbright

 

Beasiswa Fulbright adalah beasiswa yang diberikan oleh Pemerintah Amerika Serikat melalui Komisi untuk Hubungan Antar Pemerintah Amerika Serikat - Indonesia (KOMPAK). Beasiswa ini diperuntukkan bagi mahasiswa S2 dan S3 yang ingin melanjutkan studi di Amerika Serikat. Beasiswa Fulbright menawarkan biaya kuliah, biaya hidup, serta dana penelitian.

 

4. Beasiswa Erasmus+

 

Beasiswa Erasmus+ adalah beasiswa yang diberikan oleh Uni Eropa melalui program Erasmus+. Beasiswa ini diperuntukkan bagi mahasiswa S1, S2, dan S3 yang ingin melanjutkan studi di Uni Eropa. Beasiswa Erasmus+ menawarkan biaya kuliah, biaya hidup, serta dana penelitian.

 

5. Beasiswa Ford Foundation International Fellowships Program

 

Beasiswa Ford Foundation International Fellowships Program adalah beasiswa yang diberikan oleh Yayasan Ford melalui program International Fellowships Program. Beasiswa ini diperuntukkan bagi mahasiswa S1, S2, dan S3 yang ingin melanjutkan studi di Amerika Serikat. Beasiswa Ford Foundation International Fellowships Program menawarkan biaya kuliah, biaya hidup, serta dana penelitian.

 

7. Beasiswa Gates Cambridge Scholarship

 

Beasiswa Gates Cambridge Scholarship adalah beasiswa yang diberikan oleh Gates Cambridge Trust melalui program Gates Cambridge Scholarship. Beasiswa ini diperuntukkan bagi mahasiswa S2 dan S3 yang ingin melanjutkan studi di Inggris. Beasiswa Gates Cambridge Scholarship menawarkan biaya kuliah, biaya hidup, serta dana penelitian.