3 Cara Memperkecil Ukuran File Dokumen dengan Gratis

Saat upload dokumen, biasanya ada ukuran tertentu yang harus kamu penuhi. Cara memperkecil ukuran file dokumen penting untuk diketahui, terutama untuk kamu yang setiap hari bekerja dengan dokumen. 

Rupanya ada beberapa penyebab mengapa file dokumen menjadi lebih besar dari perkiraan kita.
Biasanya ukuran file dokumen yang besar dipengaruhi oleh adanya gambar atau tabel yang ada di dalam file. Untuk memperkecil ukurannya sendiri, kamu bisa lakukan secara online maupun offline. 


Cara Mengecilkan Ukuran Dokumen


Saat kamu siap mengirim email dan ternyata file yang dibutuhkan terlalu besar, maka kamu perlu mengkompresnya atau memperkecil ukurannya. Berikut ini beberapa langkah untuk mengecilkan ukuran file:


1.    Manfaatkan Fitur Insert Gambar

 
Saat kamu ingin masukkan file gambar ke dokumen, kamu biasanya menggunakan fitur copy and paste. Padahal cara ini bisa membuat gambar berukuran sangat besar dan berpengaruh terhadap ukuran file dokumen.


Untuk mengatasinya, kamu bisa menggunakan fitur insert gambar agar gambar yang dimasukkan memiliki ukuran lebih kecil. Cara ini juga tidak akan mengurangi resolusi gambar, jadi jangan khawatir. 


2.    Kompres File 

 
Jika file terlalu besar, berikut ini cara kompres file yang bisa dilakukan langsung di Microsoft Word: 


  • Buka file yang ingin dikompres dan pilih menu “save as”
  • Lalu pilih lokasi penyimpanan dan pilih menu “tool”
  • Selanjutnya kamu bisa pilih “compress picture” dan centang pada menu “deleted cropped areas of pictures”
  • Lalu pilih “resolution” dan pilih “email (96 ppi). Selanjutnya tekan “save”. 

 

3.    Kompres File secara Online

 
Untuk mengurangi ukuran file dokumen yang terlalu besar, kamu bisa kompres file secara online. Ada banyak sekali situs yang bisa kamu pilih untuk mengurangi ukuran file. 


Kamu bisa ketik di Google dan temukan situs yang paling mudah digunakan. Upload file dan tunggu hingga proses kompres selesai. Setelah itu kamu bisa download file dengan ukuran yang baru. 


Itulah cara memperkecil ukuran file dokumen yang perlu kamu ketahui. Selamat mencoba!