Cara Melacak IP Address, Gunakan untuk Tujuan Positif

Kepemilikan smartphone meninggalkan alamat digital, jejak tersebut disebut dengan IP Address, cara melacak IP Address bisa dilakukan untuk mencari posisi seseorang, atau tujuan lainnya. Untuk melacak IP Address, Anda harus tahu IP seseorang yang dituju, agar lebih jelasnya simak bahasan di bawah ini.

Cara Tahu IP Address Seseorang

Terdapat dua metode yang bisa diterapkan untuk tahu IP Address, lewat email dan lewat cmd atau command prompt.

1.    Menggunakan email

Ikuti langkah-langkah berikut untuk tahu IP Address via email.

  • Pertama-tama buka terlebih dahulu email masuk seseorang yang diincar.
  • Lalu pilih lambang atau icon tiga titik, lokasinya di bagian bawah body email. 
  • Pilih opsi 'Show Original'
  • Nantinya ada tampilan baru, klik opsi Copy pada kotak berwarna biru.

Dari teks yang sudah di-copy adalah kunci informasi IP Address yang Anda ingin ketahui.

2.    Menggunakan command prompt

Ada cara lain untuk tahu data IP Address yaitu melalui bantuan command prompt. CMD ini merupakan aplikasi bawaan yang sudah ada di sistem Microsoft. Langkah-langkah berikut bisa Anda ikuti untuk mencari tahu IP Address.

  • Karena menggunakan CMD, maka buka terlebih dahulu Command Prompt. Tekan bersamaan Windows+R untuk lebih cepat masuk ke fungsi CMD. 
  • Ketik ipconfig lalu tekan Enter.
  • Nantinya muncul Address IPv4 yang berisikan alamat IP.

Cara Melacak IP Address Seseorang

Anda bebas memakai cara pertama atau kedua, jika sudah tahu IP Address-nya, Anda tinggal mengetahui posisi pemilik IP. Terdapat banyak situs web untuk membantu kita melacak IP, salah satunya seperti situs wolframalpha.com. Anda hanya perlu kunjungi web tersebut dan lalu input IP Address pada kolom pencarian.

Website tersebut langsung memunculkan lokasi pemilik IP, termasuk detail informasi titik koordinatnya. Seperti itulah langkah-langkah atau cara melacak IP Address dengan mencari tahu IP Address terlebih dahulu. Jangan lupa untuk menggunakan cara-cara ini untuk keperluan hal positif.

Selain cara-cara tersebut, memang ada banyak cara lainnya yang bisa Anda terapkan, tetapi yang umum yaitu seperti yang dibahas di atas.