Fakta Menarik Seputar PPPK Yang Harus Tahu

PPPK

Betuah.id - Bagi yang masih freshgraduate, topik PPPK menarik ini perlu banget dicermati. Anda akan mendapatkan banyak informasi dan tips agar lolos PPPK. Untuk menjadi PNS dengan kontrak kerja, ada beberapa tes yang harus dilalui. Tentu saja, lulus bukan sekedar belajar untuk persiapan. berikut ini penjelasan Fakta menarik seputar PPPK yang harus tahu.

Simak beberapa fakta menarik tentang PPPK

Mungkin sebagian sobat Latvia bertanya-tanya apa itu PPPK? PPPK merupakan singkatan dari Pegawai Negeri Sipil yang mempunyai kontrak kerja. PPPK ini merupakan status warga negara Indonesia yang memenuhi persyaratan dan diangkat menjadi pegawai PPPK untuk jangka waktu tertentu.Mereka yang terpilih dan memenuhi persyaratan ditugaskan pada tugas pemerintahan. Saat ini PPPK atau P3K menjadi peraturan baru bagi berbagai pegawai tingkat pemerintah dengan kewenangan ASN. Inilah yang harus dilalui oleh calon responden pertama.

Tahapan ujian pertolongan pertama ini tentunya berbeda dan terpisah dari ujian seleksi pertolongan pertama.Tahun ini guru tidak lagi harus mengikuti seleksi CPNS, melainkan diarahkan ke P3K. Untuk tujuan ini, pertolongan pertama terutama ditujukan kepada guru. Ada tahapan proses dalam P3k, hingga seseorang diangkat menjadi P3k, banyak persyaratan yang harus dilalui untuk dapat bekerja pada posisi tertentu. Masa berlaku P3K ini dapat dilihat dari surat kerja yang sah. Para pekerja darurat ini juga menerima layanan yang sama seperti pekerja pemerintah lainnya.

Baca Juga : Rahasia Lolos CPNS 2024 Tanpa Ribet!

Fakta Menarik PPPK dari segi fasilitas

1. Gaji guru PPPK

Fakta menarik pertama yang perlu Anda ketahui adalah gaji guru PPPK. Besaran remunerasi yang diberikan kepada pegawai yang lulus ujian guru PPPK tentunya diatur sesuai peraturan perundang-undangan. Namun, Anda bisa mencoba memperkirakan apakah gaji pokok yang bisa dipotong melalui pajak penghasilan bisa dijadikan dasar perhitungan.Sebagai guru PPPK tidak hanya mendapat gaji pokok saja. Namun, Anda juga mendapatkan layanan yang sama seperti ASN biasa.

Jadi, menjadi guru PPPK tentu menjadi peluang mendapatkan gaji yang lebih baik, tentunya berdasarkan peraturan yang berlaku.Untuk kenaikan gaji guru PPPK dibagi menjadi dua jenis kelompok yaitu kelompok pertama yang berupa kenaikan gaji reguler dan yang menerima kenaikan gaji khusus. 

Proses kenaikan gaji guru PPPK tentunya akan disesuaikan dengan undang-undang. Dan peraturan Kementerian.Jangan rencanakan dari awal bahwa seleksi guru PPPK akan berlangsung bersamaan dengan seleksi CPNS. Keduanya dapat diselenggarakan setahun sekali atau tergantung kondisi luar ruangan. Sehingga pelatihan guru CPNS akan digantikan oleh guru PPPK. Dengan cara ini seluruh pengaturan guru dialihkan ke P3K.Menarik bukan seputar Fakta menarik seputar pppk yang harus tahu.

Baca Juga : Tips Ampuh Lulus CPNS dan PPPK 2024

2. Dukungan luar biasa dari guru

Sebagai PNS, guru PPPK menerima lebih dari sekedar gaji pokok. Guru yang lolos PPPK juga mendapat sejumlah dana hibah. Tunjangan gaji merupakan tambahan gaji bagi guru P3K. Tunjangan tersebut sama dengan yang diterima PNS. Namun bedanya, besarannya disesuaikan dengan peraturan perundang-undangan.Jenis kompensasi guru PPPK adalah:

  • Tunjangan makan
  • Santunan keluarga
  • Santunan liburan
  • Kompensasi struktural
  • Dan seterusnya

Besaran santunan guru atau harian Kompensasi dikirimkan kepada guru tingkat sekolah dasar bersamaan dengan pembagian gaji bulanan. Namun, ada beberapa jenis bonus yang terkadang dibayarkan di luar gaji bulanan guru sekolah dasar. Selain besaran dan jenis tunjangan awal guru, tentunya juga disesuaikan dengan tugas pekerjaan dan pelayanan atau banyak faktor lainnya. Jadi Anda tidak perlu khawatir jika ternyata Anda lulus Ujian Seleksi Pertolongan Pertama Guru. Anda mendapatkan hak yang hampir seperti ASN.

Fakta Menarik Tentang PPPK Menurut Waktu Kerja

Menurut Peraturan Nomor 48 Tahun 2018, masa kerja P3K ini minimal 1 tahun. Artinya batas minimal seorang paramedis adalah 1 tahun. Namun tidak semua responden pertama hanya mendapatkan layanan 1 tahun. Tentunya jam kerja pegawai tersebut akan disesuaikan lebih lanjut dengan kebutuhan instansi, kementerian atau lembaga tempat paramedis tersebut bekerja.

Baca Juga : Cara Efektif Menaklukkan Tes CPNS dan PPPK

Sesuai ketentuan yang berlaku saat ini, senioritas guru P3K dapat mencapai usia pensiun yaitu 56 tahun. Namun pertolongan pertama non-pengajaran dapat disesuaikan dengan kebijakan masing-masing institusi. Selain itu, jika diperlukan, kontrak kerja paramedis juga bisa diperpanjang, tentunya sesuai aturan bagi pekerja kontrak. Selama Anda memiliki karakteristik dan kinerja yang memuaskan dan baik, tentunya Anda akan mendapatkan perpanjangan jam kerja.

Fakta Menarik PPPK tentang Tunjangan

1. Pergantian Jabatan

Tentunya menjadi angin segar bagi anda para pegawai yang terhormat. Sebab, begitu Anda diakui sebagai pekerja P3K yang memenuhi syarat, maka status honorer Anda akan berubah menjadi ASN PPPK. Dengan cara ini Anda juga akan mendapatkan lebih banyak jaminan kesejahteraan finansial, khususnya bagi para guru.Ini adalah kenaikan upah dan dukungan pekerjaan. Tidak hanya itu, sebagai guru Anda juga berkesempatan mengikuti banyak program untuk meningkatkan keterampilan dan sertifikasi. Tentunya hal ini sangat penting, karena dapat memberikan keamanan finansial jangka panjang dan peningkatan karir.

2. Sebagai alternatif pilihan

Tes seleksi guru PPPK ini berhasil mencapai target tercapainya sejuta guru profesional sebagai P3K. Dengan demikian, ujian seleksi berlangsung pada bulan Agustus, Oktober dan Desember. Jadi jika opsi sebelumnya gagal, Anda bisa mencobanya lagi.

Baca Juga : Panduan Lengkap Lolos Tes CPNS Tahun Ini

3. Akses materi

Anda semakin mudah mengikuti tes P3K karena tersedia contoh bahan pembelajaran untuk persiapan ujian P3K yang dapat Anda gunakan secara online. Anda dapat membuka platform guru untuk belajar dan berbagi. Dengan begitu kamu akan lebih siap menghadapi ujian masuk pertolongan pertama, bukan?.

Itulah tadi beberapa penjelasan mengenai Fakta menarik seputar PPPK yang harus tahu untuk sobat Betuah.id yang wajib diketahui. Semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Fakta Menarik Seputar PPPK Yang Harus Tahu"