Iklan

terkini

Cara Mengatasi Telinga Berdengung Terus Menerus Secara Alami

, April 21, 2023 WIB


Hello Sobat Betuah.id, apakah kamu sering merasakan telinga berdengung terus menerus? Telinga berdengung atau tinnitus merupakan kondisi ketika kamu mendengar suara berdengung, desingan, atau mendesis di telinga tanpa adanya sumber suara yang sebenarnya. Kondisi ini bisa sangat mengganggu aktivitas sehari-hari dan bahkan mengganggu tidurmu. Nah, pada artikel kali ini, saya akan memberikan beberapa tips cara mengatasi telinga berdengung terus menerus secara alami. Simak ya!

 

1. Perbanyak Minum Air Putih

 

Kurangnya asupan air putih dapat memperburuk kondisi telinga berdengung. Oleh karena itu, pastikan kamu memenuhi kebutuhan cairan tubuhmu dengan mengonsumsi minimal 8 gelas air putih setiap harinya. Dengan begitu, dapat membantu menjaga sirkulasi darah di tubuhmu dan membantu mengurangi telinga berdengung yang kamu alami.

 

2. Kurangi Konsumsi Kafein

 

Kafein yang terkandung dalam kopi, teh, dan minuman ringan bisa memperburuk kondisi telinga berdengung. Jadi, sebisa mungkin kurangi konsumsi minuman berkafein dan gantilah dengan minuman herbal atau air putih. Ini dapat membantu memperbaiki sirkulasi darahmu dan mengurangi tekanan pada telinga.

 

3. Hindari Kebisingan Berlebihan

 

Kebisingan yang berlebihan seperti musik yang terlalu keras, bising kendaraan, atau mesin yang berisik dapat memperburuk kondisi telinga berdengung. Oleh karena itu, hindarilah kebisingan berlebihan atau gunakan alat pelindung telinga ketika kamu berada di tempat yang berisik.

 

4. Lakukan Olahraga Ringan

 

Olahraga ringan seperti jalan kaki, yoga, atau meditasi dapat membantu mengurangi stres dan meningkatkan sirkulasi darah di tubuhmu. Dengan begitu, bisa membantu mengurangi telinga berdengung yang kamu alami.

 

5. Hindari Makanan yang Mengandung MSG

 

MSG atau Monosodium Glutamat adalah bahan tambahan makanan yang dapat memicu telinga berdengung. Oleh karena itu, hindarilah makanan yang mengandung MSG seperti mie instan, kemasan saus, atau makanan olahan yang banyak dijual di pasaran.

 

6. Kurangi Konsumsi Garam

 

Konsumsi garam yang berlebihan dapat memperburuk kondisi telinga berdengung. Oleh karena itu, pastikan kamu mengurangi konsumsi garam dan menggantinya dengan rempah-rempah yang sehat dan sehat seperti bawang putih, jahe, atau kunyit.

 

7. Gunakan Bahan Alami untuk Membersihkan Telinga

 

Jangan menggunakan cotton bud atau benda-benda tajam lainnya untuk membersihkan telinga. Sebaliknya, gunakan bahan-bahan alami seperti minyak zaitun atau minyak kelapa untuk membersihkan telinga secara lembut dan aman.

 

8. Konsumsi Makanan yang Mengandung Antioksidan

 

Makanan yang mengandung antioksidan seperti buah-buahan dan sayuran dapat membantu memperbaiki sirkulasi darah di tubuh dan mengurangi telinga berdengung yang kamu alami. Beberapa contoh makanan yang mengandung antioksidan adalah blueberry, kacang-kacangan, dan sayuran hijau.

 

9. Kurangi Konsumsi Alkohol dan Rokok

 

Alkohol dan rokok dapat memperburuk kondisi telinga berdengung. Oleh karena itu, pastikan kamu mengurangi konsumsi alkohol dan rokok atau bahkan lebih baik jika kamu menghindarinya sama sekali.

 

10. Konsumsi Suplemen Ginkgo Biloba

 

Suplemen Ginkgo Biloba yang diambil dari daun tanaman ginkgo dapat membantu meningkatkan sirkulasi darah di tubuh dan membantu mengurangi telinga berdengung. Namun, sebelum mengonsumsi suplemen ini, pastikan kamu berkonsultasi terlebih dahulu dengan doktermu.

 

11. Hindari Stres Berlebihan

 

Stres yang berlebihan dapat memperburuk kondisi telinga berdengung. Oleh karena itu, pastikan kamu menghindari stres atau mencari cara untuk menguranginya seperti dengan meditasi atau olahraga ringan.

 

12. Periksa Kesehatan Telinga dan Gigi

 

Telinga berdengung dapat menjadi gejala dari masalah kesehatan telinga atau gigi. Oleh karena itu, pastikan kamu memeriksakan kondisi kesehatan telinga dan gigimu secara berkala untuk menghindari masalah yang lebih serius.

 

13. Gunakan Earplug Ketika Berenang

 

Air yang masuk ke telinga saat berenang dapat memicu telinga berdengung. Oleh karena itu, pastikan kamu menggunakan earplug saat berenang untuk melindungi telinga dan menghindari masalah telinga berdengung.

 

14. Hindari Menggunakan Earphone Terlalu Lama

 

Penggunaan earphone terlalu lama dapat memperburuk kondisi telinga berdengung. Oleh karena itu, pastikan kamu menghindari penggunaan earphone terlalu lama dan memilih volume yang tepat agar tidak membahayakan telinga.

 

15. Konsumsi Makanan yang Mengandung Vitamin B12

 

Vitamin B12 dapat membantu menjaga kesehatan saraf dan sirkulasi darah di tubuh. Kekurangan vitamin B12 dapat menyebabkan masalah kesehatan seperti anemia dan telinga berdengung. Oleh karena itu, pastikan kamu mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin B12 seperti daging, ikan, telur, dan produk susu.

 

16. Menghindari Konsumsi Kafein Berlebihan

 

Konsumsi kafein berlebihan dapat memicu telinga berdengung. Oleh karena itu, pastikan kamu mengurangi konsumsi kafein atau bahkan menghindarinya sama sekali untuk menjaga kesehatan telinga kamu.

 

17. Tetap Aktif dengan Berolahraga Ringan

 

Berolahraga ringan seperti berjalan kaki atau yoga dapat membantu meningkatkan sirkulasi darah di tubuh dan membantu mengurangi telinga berdengung. Pastikan kamu tetap aktif dengan berolahraga secara teratur untuk menjaga kesehatan tubuh dan telinga kamu.

 

18. Hindari Paparan Suara Berisik

 

Paparan suara berisik dapat memperburuk kondisi telinga berdengung. Oleh karena itu, pastikan kamu menghindari paparan suara berisik atau menggunakan pelindung telinga saat bekerja di lingkungan yang berisik.

 

19. Beristirahat yang Cukup

 

Kurangnya istirahat dapat memicu stres dan memperburuk kondisi telinga berdengung. Pastikan kamu memiliki waktu istirahat yang cukup setiap harinya untuk menjaga kesehatan tubuh dan telinga kamu.

 

20. Berkonsultasi dengan Dokter Spesialis Telinga, Hidung, dan Tenggorokan

 

Jika kamu masih mengalami telinga berdengung secara terus menerus meskipun sudah mencoba beberapa cara alami, pastikan kamu berkonsultasi dengan dokter spesialis telinga, hidung, dan tenggorokan untuk mendapatkan penanganan yang tepat dan menghindari masalah yang lebih serius di masa depan.

 

Kesimpulan

 

Telinga berdengung yang terjadi secara terus menerus dapat mengganggu keseharian kamu. Namun, dengan mencoba beberapa cara alami yang telah disebutkan di atas, kamu dapat membantu mengurangi telinga berdengung secara alami tanpa harus mengonsumsi obat-obatan kimia. Pastikan kamu menjaga kesehatan tubuh dan telinga kamu dengan cara yang tepat dan teratur untuk menghindari masalah kesehatan yang lebih serius di masa depan.

 

Sampai jumpa kembali Sobat Betuah.id di artikel menarik lainnya!

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Cara Mengatasi Telinga Berdengung Terus Menerus Secara Alami

Terkini

Iklan