Iklan

terkini

Binatang yang Mencari Makan pada Malam Hari di sebut......

, April 11, 2023 WIB

Soal : Binatang yang Mencari Makan pada Malam Hari di sebut......

 

a. binatang nokturnal 

c. mamalia


b. mimikri 

d. binatang diurnal 

 

Jawaban : a


Apa yang Dimaksud dengan Binatang Nokturnal?

 

Hello Sobat Betuah.id! Kita semua tahu bahwa binatang memiliki banyak kebiasaan unik, termasuk kapan mereka mencari makan. Ada binatang yang aktif pada siang hari, ada juga binatang yang lebih aktif pada malam hari. Binatang yang mencari makan pada malam hari disebut binatang nokturnal. Kata "nokturnal" sendiri berasal dari bahasa Latin "nox" yang artinya malam. Binatang nokturnal biasanya memiliki adaptasi fisik dan perilaku yang memungkinkan mereka untuk berburu dan mencari makan pada malam hari. 

 

Contoh Binatang Nokturnal

 

Binatang nokturnal dapat ditemukan di seluruh dunia, dari hutan hujan Amazon hingga gurun Sahara. Beberapa contoh binatang nokturnal yang paling terkenal di antaranya adalah kelelawar, burung hantu, serigala, dan tupai terbang. Kelelawar adalah contoh binatang nokturnal yang sangat menarik karena mereka tidak hanya mencari makan pada malam hari, tetapi juga menggunakan sonar untuk menemukan mangsa mereka. Burung hantu, dengan penglihatan malam yang tajam dan kemampuan terbang yang tenang, juga merupakan predator nokturnal yang sangat efektif. Serigala dan tupai terbang, meskipun lebih kecil dari kelelawar dan burung hantu, juga memiliki adaptasi yang memungkinkan mereka untuk mencari makan pada malam hari. 

 

Adaptasi Fisik Binatang Nokturnal

 

Binatang nokturnal memiliki banyak adaptasi fisik yang memungkinkan mereka untuk bertahan dan mencari makan pada malam hari. Beberapa adaptasi ini termasuk penglihatan malam yang lebih baik, kemampuan untuk berburu dalam kegelapan, dan kemampuan untuk mendengar suara yang lebih lemah. Kelelawar memiliki adaptasi yang sangat menarik karena mereka menggunakan sonar untuk menemukan mangsa mereka. Serigala dan tupai terbang memiliki mata yang lebih besar dan lebih tajam dibandingkan dengan binatang diurnal, serta memiliki lapisan reflektif di belakang mata yang memungkinkan cahaya yang masuk untuk dipantulkan kembali ke retina, meningkatkan kemampuan mereka untuk melihat di kegelapan. 

 

Perilaku Binatang Nokturnal

 

Selain adaptasi fisik, binatang nokturnal juga memiliki perilaku yang berbeda dari binatang diurnal. Beberapa binatang nokturnal lebih tertutup dan cenderung menghindari paparan cahaya, sementara yang lain lebih terbuka dan aktif pada malam hari. Kelelawar, misalnya, cenderung menghindari cahaya terang karena dapat memengaruhi kemampuan mereka untuk menggunakan sonar. Di sisi lain, burung hantu cenderung lebih terbuka dan sering terlihat pada malam hari. 

 

Manfaat dari Studi Binatang Nokturnal

 

Studi tentang binatang nokturnal memiliki banyak manfaat dan aplikasi praktis. Misalnya, penelitian tentang kelelawar dan burung hantu dapat membantu kita memahami lebih baik bagaimana sonar dan penglihatan malam bekerja, yang pada gilirannya dapat membantu kita mengembangkan teknologi baru. Penelitian tentang tupai terbang dan serigala dapat membantu kita memahami lebih baik bagaimana adaptasi fisik dan perilaku dapat mempengaruhi kemampuan binatang untuk bertahan hidup di lingkungan yang berbeda. Selain manfaat praktis, studi tentang binatang nokturnal juga dapat memberikan wawasan yang menarik tentang kehidupan binatang di alam liar. Kita dapat mempelajari bagaimana binatang nokturnal berinteraksi dengan lingkungan mereka, seperti bagaimana mereka berburu dan mencari makan pada malam hari, dan bagaimana mereka melindungi diri dari predator. 

 

Perlindungan untuk Binatang Nokturnal

 

Binatang nokturnal sering kali rentan terhadap ancaman dari manusia, seperti perusakan habitat dan perburuan yang berlebihan. Kita dapat membantu melindungi binatang nokturnal dengan mempertahankan lingkungan mereka, seperti hutan dan gurun, dan memastikan bahwa mereka memiliki habitat yang cukup untuk bertahan hidup. Kita juga dapat membantu melindungi binatang nokturnal dengan membatasi aktivitas manusia di area yang mereka huni, dan dengan tidak mengganggu binatang nokturnal ketika mereka sedang mencari makan atau istirahat. 

 

Perbedaan antara Binatang Nokturnal dan Diurnal

 

Binatang nokturnal dan diurnal memiliki banyak perbedaan dalam adaptasi fisik dan perilaku. Binatang diurnal, seperti manusia dan banyak hewan peliharaan, cenderung lebih aktif pada siang hari dan menggunakan penglihatan siang hari untuk mencari makan. Mereka juga cenderung lebih terbuka dan aktif pada siang hari, dan sering kali memilih tempat terbuka dan terang untuk beristirahat. Di sisi lain, binatang nokturnal cenderung lebih aktif pada malam hari dan memiliki adaptasi fisik dan perilaku yang memungkinkan mereka untuk bertahan hidup dan mencari makan pada malam hari. Mereka menggunakan penglihatan malam dan pendengaran untuk mencari makan, dan sering kali memilih tempat yang terlindung dan gelap untuk beristirahat. 

 

Penutup

 

Dalam kesimpulannya, binatang nokturnal adalah binatang yang mencari makan pada malam hari dan memiliki adaptasi fisik dan perilaku yang memungkinkan mereka untuk bertahan hidup dalam kondisi yang gelap. Binatang nokturnal memiliki banyak manfaat dan aplikasi praktis, seperti membantu kita memahami lebih baik bagaimana sonar dan penglihatan malam bekerja. Namun, binatang nokturnal juga rentan terhadap ancaman dari manusia, dan kita harus bekerja sama untuk melindungi mereka dan mempertahankan lingkungan mereka
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Binatang yang Mencari Makan pada Malam Hari di sebut......

Terkini

Iklan