Iklan

terkini

Bagaimana Cara Mengatasi Sering Buang Air Kecil?

, April 07, 2023 WIB


Hello Sobat Betuah.id, masalah sering buang air kecil atau yang dalam istilah medis disebut dengan poliuria, merupakan masalah yang sering dialami oleh banyak orang. Sering buang air kecil dapat mengganggu aktivitas sehari-hari dan menimbulkan rasa tidak nyaman. Nah, dalam artikel kali ini, kita akan membahas tentang cara mengatasi sering buang air kecil.

 

Apa yang Menyebabkan Sering Buang Air Kecil?

 

Sebelum membahas cara mengatasi sering buang air kecil, mari kita cari tahu terlebih dahulu apa yang menyebabkan sering buang air kecil. Beberapa penyebab yang dapat menyebabkan seseorang sering buang air kecil antara lain:

 

1. Diabetes

 
Sering buang air kecil bisa menjadi salah satu gejala diabetes. Pada penderita diabetes, kadar gula darah yang tinggi akan menyebabkan ginjal mengeluarkan lebih banyak air melalui urin sehingga sering buang air kecil.

 

2. Infeksi Saluran Kemih

 
Infeksi saluran kemih (ISK) juga bisa menyebabkan seseorang sering buang air kecil. Pada penderita ISK, bakteri yang masuk ke dalam saluran kemih dapat menyebabkan peradangan sehingga memicu rasa ingin buang air kecil yang lebih sering.

 

3. Konsumsi Cairan Berlebih

 
Konsumsi cairan yang berlebihan, terutama minuman yang mengandung kafein dan alkohol, dapat membuat seseorang lebih sering buang air kecil. Cairan yang dikonsumsi akan membuat ginjal memproduksi lebih banyak urin sehingga membuat seseorang lebih sering buang air kecil.

 

4. Kondisi Psikologis

 
Beberapa kondisi psikologis, seperti kecemasan dan stres, juga bisa membuat seseorang sering buang air kecil. Kondisi psikologis ini dapat memicu aktivitas saraf dan hormon yang mempengaruhi pembentukan urin dan memicu rasa ingin buang air kecil yang lebih sering.

 

Cara Mengatasi Sering Buang Air Kecil

 

Setelah mengetahui beberapa penyebab yang dapat menyebabkan sering buang air kecil, berikut adalah beberapa cara mengatasi sering buang air kecil:

 

1. Kurangi Konsumsi Cairan yang Berlebihan

 
Mengurangi konsumsi cairan yang berlebihan, terutama minuman yang mengandung kafein dan alkohol, dapat membantu mengurangi sering buang air kecil.

 

2. Lakukan Olahraga Teratur

 
Melakukan olahraga teratur dapat membantu mengurangi sering buang air kecil. Olahraga dapat membantu mengurangi tekanan pada kandung kemih dan meningkatkan kontrol atas otot-otot panggul yang mendukung kandung kemih.

 

3. Perhatikan Asupan Makanan

 
Beberapa makanan tertentu dapat memperburuk gejala sering buang air kecil. Hindari makanan yang mengandung bahan iritasi seperti pedas, asam, dan makanan yang terlalu manis. Sebaliknya, konsumsi makanan yang sehat dan seimbang dapat membantu mengurangi gejala sering buang air kecil.

 

4. Jangan Tahan Buang Air Kecil

 
Tahan buang air kecil dapat memperburuk gejala sering buang air kecil. Kebiasaan menahan buang air kecil dapat memperlemah otot-otot panggul yang mendukung kandung kemih sehingga membuat kandung kemih lebih cepat terisi dan memicu rasa ingin buang air kecil yang lebih sering.

 

5. Hindari Konsumsi Kafein dan Alkohol

 
Kafein dan alkohol dapat memicu rasa ingin buang air kecil yang lebih sering. Hindari atau kurangi konsumsi kafein dan alkohol untuk mengurangi gejala sering buang air kecil.

 

6. Kurangi Konsumsi Garam

 
Konsumsi garam yang berlebihan dapat memicu retensi cairan dalam tubuh sehingga memperparah gejala sering buang air kecil. Kurangi konsumsi garam dan pilih makanan yang rendah garam untuk mengurangi gejala sering buang air kecil.

 

7. Konsultasikan dengan Dokter

 
Jika gejala sering buang air kecil terus berlanjut dan tidak kunjung membaik, segera konsultasikan dengan dokter untuk mendapatkan pengobatan yang tepat.

 

Kesimpulan

 

Nah, itulah beberapa cara yang dapat Sobat Betuah.id lakukan untuk mengatasi sering buang air kecil. Selain itu, hindari kebiasaan buruk yang dapat memperburuk gejala sering buang air kecil dan pastikan asupan cairan dan makanan seimbang. Jika gejala terus berlanjut, segera konsultasikan dengan dokter untuk mendapatkan pengobatan yang tepat. Semoga artikel ini bermanfaat dan membantu Sobat Betuah.id mengatasi masalah sering buang air kecil.

 

Sampai Jumpa Kembali Sobat Betuah.id di Artikel Menarik Lainnya

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Bagaimana Cara Mengatasi Sering Buang Air Kecil?

Terkini

Iklan