Iklan

terkini

Zaman Logam di Indonesia di Mulai Pada?

, Maret 29, 2023 WIB

Masa Pra-sejarah di Indonesia

Hello Sobat Betuah.id, sebelum membahas tentang zaman logam di Indonesia, kita harus memahami terlebih dahulu masa pra-sejarah di Indonesia. Masa ini terjadi sebelum penulisan sejarah yang dilakukan oleh manusia.

Pada masa pra-sejarah, manusia hidup sebagai pemburu dan pengumpul makanan. Mereka juga membuat alat-alat dari bahan-bahan alam seperti batu dan kayu. Kehidupan manusia pada masa ini masih sangat sederhana dan belum mengenal teknologi seperti yang kita kenal saat ini.

Zaman Logam

Masuk ke zaman logam, periode ini terjadi sekitar 1500 SM hingga 500 SM. Pada masa ini, manusia sudah mengenal teknologi pembuatan logam. Logam yang digunakan pada masa ini adalah emas, perak, tembaga, dan besi.

Penemuan logam membuat kehidupan manusia menjadi lebih maju. Mereka dapat membuat alat-alat yang lebih kuat dan tahan lama. Alat-alat logam ini biasanya digunakan untuk pertanian, perang, dan pertukangan.

Zaman Perunggu

Selanjutnya, ada zaman perunggu yang terjadi sekitar 500 SM hingga 1 Masehi. Pada masa ini, logam yang digunakan adalah perunggu. Kehidupan manusia pada masa ini juga sudah semakin maju.

Manusia sudah mengenal pertanian, peternakan, dan perdagangan. Mereka juga sudah mengenal kegiatan pengolahan bahan tambang seperti perunggu, tembaga, dan timah. Kegiatan pengolahan ini dilakukan dengan cara meleburkan bahan tambang tersebut di dalam tungku.

Zaman Besi

Zaman besi terjadi sekitar 500 Masehi hingga 1500 Masehi. Pada masa ini, logam yang digunakan adalah besi. Kehidupan manusia pada masa ini sudah semakin maju. Mereka sudah mengenal pemerintahan, agama, dan perdagangan internasional.

Manusia pada masa ini juga sudah mengenal teknologi pembuatan kapal dan perangkat navigasi. Mereka dapat berlayar jauh ke seluruh dunia dan melakukan perdagangan dengan negara lain.

Zaman Logam di Indonesia

Masuk ke Indonesia, zaman logam di Indonesia dimulai sekitar 500 SM hingga 1500 Masehi. Pada masa ini, manusia di Indonesia sudah mengenal teknologi pembuatan logam dan sudah menggunakan logam untuk membuat alat-alat seperti senjata, perhiasan, dan perkakas rumah tangga.

Di Indonesia, terdapat beberapa kerajaan pada masa ini seperti Kerajaan Sriwijaya, Kerajaan Majapahit, dan Kerajaan Bali.

Kerajaan Sriwijaya

Kerajaan Sriwijaya adalah kerajaan maritim di Sumatera yang berdiri pada abad ke-7 hingga abad ke-13. Kerajaan ini merupakan salah satu kerajaan terbesar dan terkuat di Asia Tenggara pada masanya.

Di masa pemerintahan Sriwijaya, kerajaan ini sangat terkenal sebagai pusat perdagangan internasional. Sriwijaya melakukan perdagangan dengan negara-negara di Asia seperti India, Tiongkok, dan Arab.

Selain itu, Kerajaan Sriwijaya juga dikenal sebagai pusat kebudayaan dan agama. Pada masa ini, agama Buddha dan Hindu berkembang pesat di Indonesia.

Kerajaan Majapahit

Selanjutnya, ada Kerajaan Majapahit yang berdiri pada abad ke-13 hingga abad ke-16. Majapahit merupakan kerajaan terbesar di Indonesia pada masanya dan terletak di wilayah Jawa Timur.

Pada masa pemerintahan Majapahit, kebudayaan Jawa berkembang pesat. Majapahit juga dikenal sebagai pusat seni dan sastra. Salah satu karya sastra terkenal dari masa Majapahit adalah Nagarakretagama.

Di bidang perdagangan, Majapahit juga melakukan perdagangan dengan negara-negara di Asia Tenggara. Majapahit juga berhasil memperluas wilayah kekuasaannya dengan menaklukkan kerajaan-kerajaan di sekitarnya.

Kerajaan Bali

Kerajaan Bali adalah kerajaan yang berdiri di Pulau Bali pada abad ke-10 hingga abad ke-19. Bali pada masa ini dikenal sebagai pusat kebudayaan dan agama Hindu di Indonesia.

Di masa pemerintahan Kerajaan Bali, seni dan budaya Bali berkembang pesat. Bali juga menjadi tempat pelarian bagi orang-orang yang melarikan diri dari penjajahan Belanda di Jawa.

Kesimpulan

Demikianlah artikel mengenai zaman logam di Indonesia. Zaman logam dimulai sekitar 1500 SM hingga 1500 Masehi. Pada masa ini, manusia di Indonesia sudah mengenal teknologi pembuatan logam dan sudah menggunakan logam untuk membuat alat-alat seperti senjata, perhiasan, dan perkakas rumah tangga.

Di Indonesia, terdapat beberapa kerajaan pada masa ini seperti Kerajaan Sriwijaya, Kerajaan Majapahit, dan Kerajaan Bali. Ketiga kerajaan ini memiliki kebudayaan dan sejarah yang sangat beragam.

Semoga artikel ini dapat memberikan informasi yang bermanfaat bagi Sobat Betuah.id. Sampai jumpa kembali di artikel menarik lainnya!

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Zaman Logam di Indonesia di Mulai Pada?

Terkini

Iklan