Iklan

terkini

7 Manfaat Kunyit Yang Harus Kamu Tahu

, Maret 18, 2023 WIB

 

Manfaat Kunyit

Kunyit, atau turmeric, adalah salah satu rempah-rempah yang paling populer di dunia. Selain digunakan sebagai bahan dasar untuk memasak, kunyit juga terkenal karena khasiatnya bagi kesehatan.

Inilah beberapa manfaat dari kunyit yang perlu Anda ketahui:

 

1. Anti-inflamasi

 

Kunyit mengandung senyawa bernama kurkumin yang memiliki sifat anti-inflamasi. Senyawa ini dapat membantu meredakan peradangan pada tubuh dan mengurangi risiko penyakit kronis seperti arthritis, penyakit jantung, dan kanker.

 

2. Antioksidan

 

Selain sifat anti-inflamasi, kunyit juga memiliki sifat antioksidan. Senyawa kurkumin dalam kunyit dapat membantu melindungi tubuh dari radikal bebas dan memperkuat sistem kekebalan tubuh.

 

3. Meningkatkan Kesehatan Pencernaan

 

Kunyit dapat membantu meningkatkan kesehatan pencernaan. Senyawa kurkumin dalam kunyit dapat membantu mengurangi gejala sindrom usus iritabel dan membantu menjaga kesehatan saluran pencernaan.

 

4. Menurunkan Risiko Penyakit Alzheimer

 

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa senyawa kurkumin dalam kunyit dapat membantu melindungi otak dari kerusakan dan memperbaiki fungsi kognitif. Hal ini dapat membantu mengurangi risiko penyakit Alzheimer pada orang yang lebih tua.

 

5. Mengurangi Risiko Penyakit Jantung

 

Kunyit dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung. Senyawa kurkumin dalam kunyit dapat membantu meningkatkan fungsi endotelial, yaitu lapisan pembuluh darah dalam tubuh, dan membantu mengurangi risiko penggumpalan darah.

 

6. Menurunkan Kadar Gula Darah

 

Kunyit dapat membantu menurunkan kadar gula darah. Senyawa kurkumin dalam kunyit dapat membantu meningkatkan sensitivitas insulin pada tubuh dan membantu mengurangi resistensi insulin.

 

7. Menjaga Kesehatan Kulit

 

Kunyit dapat membantu menjaga kesehatan kulit. Senyawa kurkumin dalam kunyit dapat membantu mengurangi radikal bebas dan membantu mengurangi peradangan pada kulit, serta membantu menjaga kulit tetap sehat dan awet muda.

 

Itulah beberapa manfaat kunyit yang perlu Anda ketahui. Kunyit dapat dikonsumsi dalam bentuk suplemen atau digunakan sebagai bahan baku dalam berbagai olahan makanan seperti curry, tumis, atau minuman jahe kunyit. Namun, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter atau ahli gizi jika Anda memiliki kondisi medis tertentu sebelum mengonsumsi kunyit dalam jumlah besar.

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • 7 Manfaat Kunyit Yang Harus Kamu Tahu

Terkini

Iklan