Pentingnya Pendidikan Berbasis Akhlakul Karimah


Pentingnya Pendidikan Berbasis Akhlakul Karimah  Pentingnya Pendidikan Berbasis Akhlakul Karimah

Betuah.id - Pentingnya pendidikan berdasarkan Akhlakul Karimah. Akhlak artinya budi pekerti, budi pekerti, perbuatan, tingkah laku (character). Karimah artinya mulia, terpuji, baik. Dengan demikian, akhlaqul karimah adalah akhlak atau akhlak yang mulia/terpuji. Saat ini Indonesia sedang menghadapi kemerosotan moral, khususnya pada anak-anak. 

Berbagai kejadian negatif seperti bullying sering terjadi di sekolah. Insiden, pembunuhan, pemukulan dan sebagainya merupakan contoh-contoh yang mencerminkan moral yang semakin buruk. Dapat dikatakan bahwa saat ini siswa kurang memperhatikan pendidikan moral di sekolah.

Pentingnya Pendidikan Berbasis Akhlakul Karima Pentingnya Pendidikan Berbasis Akhlakul KarimaSungguh memprihatinkan bila kita melihat banyak anak-anak dan generasi muda yang berani menentang orang tuanya, tidak menghormati orang tuanya dan berpakaian terbuka. pakaian serta perbuatan buruk lainnya yang tidak ada akhlaknya. Perilaku tersebut dapat merusak kesehatan mental masyarakat jika tidak segera ditangani.

Oleh karena itu umat Islam yang bertaqwa kepada Allah hendaknya membantu menanamkan akhlak bangsa khususnya anak-anak kita.Pendidikan tidak sebatas menyajikan teori-teori yang menambah pengetahuan, namun harus mampu mengembangkan karakter positif pada anak.Sekolah bukanlah satu-satunya tempat untuk memperoleh pendidikan, karena orang tua/keluarga mempunyai tanggung jawab utama untuk memberikan pendidikan kepada anaknya, khususnya pendidikan akhlak.

Pengajaran berdasarkan akhlakul karimah hendaknya diajarkan sejak dini untuk meningkatkan akhlak anak karena akhlakul karimah merupakan kebiasaan/perbuatan terpuji yang bermanfaat bagi manusia dan diri sendiri.Jadi kita berbicara tentang Akhlaku Karimah. Berikut beberapa cara yang bisa kita gunakan untuk membesarkan/mengajari anak agar terbiasa menanamkan akhlakul karimah.

1. Akhlakul Karimah ditanamkan kepada anak sejak dini sebagai acuan dalam beraktivitas

Tujuan pendidikan adalah menjadikan anak bangsa cerdas sehingga dapat mencapai tujuan yang diinginkan.Sebagai orang tua, kita wajib mendukung anak-anak kita untuk mencapai cita-cita duniawi seperti menjadi dokter, polisi, guru dan lain sebagainya, namun tidak bisa menghentikan mereka untuk mencapainya.Namun terlepas dari itu, sebagai orang tua anda tetap harus memberikan pendidikan moral kepada anak anda agar anak anda mempunyai karakter yang positif selain kecerdasan.

Pendidikan Akhlakul Karimah bertujuan untuk mengembangkan kepribadian positif pada anak sejak dini, dengan mengikuti pedoman Al-Qur'an sebagai perilaku sehari-hari.Percaya pada sifat-sifat terpuji seperti kejujuran, keadilan, kerendahan hati, kebijaksanaan, kasih sayang, dll. pada anak-anak sejak usia dini.Jika seorang anak sejak kecil mempunyai budi pekerti dan budi pekerti yang baik, maka anak tersebut tidak akan berbuat buruk dan tidak taat kepada orang tuanya.Mereka juga tahu bagaimana bersikap baik dan memperlakukan orang lain, terutama orang lanjut usia.Dengan mengamalkan akhlakul karimahi dapat menumbuhkan sikap saling mencintai dan menghargai satu sama lain.

2. Akhlakul Karimah ditanamkan pada anak sebagai suatu keyakinan

Akhlakul Karimah diajarkan sebagai keyakinan yang mendarah daging pada setiap anak.Meyakini bahwa akhlakul karimah tidak melewati waktu tetapi tetap berlaku kapanpun dan dimanapun, maka setiap orang menghimpun akhlakul karimah.Ketika keyakinan akhlakul karimahi diwujudkan, seseorang selalu melakukan perbuatannya berdasarkan ajaran Al-Qur'an. Dan tentunya jika semakin banyak masyarakat yang berakhlak baik maka berbagai kejahatan tidak akan lagi terjadi, atau setidaknya bisa diminimalisir.

3. Akhlakul Karimah diajarkan melalui ibadah hingga akhir hayat

Pendidikan Akhlakul Karimah dapat diajarkan kepada anak apabila ibadahnya dilakukan pada waktu yang tepat. Selalu ajari anak shalat lima waktu dan berikan contoh petunjuk shalat yang baik dan benar. Anda juga bisa mengajari anak membaca Al-Quran dengan benar.

4. Akhlakul Karimah bersifat menyeluruh

Akhlakul Karimah merupakan bentuk pendidikan menyeluruh yang artinya akhlakul Karimah berlaku bagi setiap orang, kapan saja dan dimana saja tanpa membedakan orang, tempat dan waktu.Pendidikan moral harus diperkenalkan sejak dini untuk mendidik masyarakat bersosialisasi dengan orang lain dan lingkungan.Sehingga mereka menjadi berkepribadian baik dan disukai banyak orang karena mempunyai akhlak yang baik.

5. Akhlakul Karimah harus selalu didukung dan dilestarikan

Pendidikan berdasarkan Akhlakul Karimah tidak mudah diajarkan. Namun hendaknya selalu dijaga dan dijaga agar kita selalu berhati-hati dalam berkata dan berbuat.Di usia sekarang pun, jika tidak dikuatkan dengan budi pekerti yang baik, maka akan berakhir dengan hal-hal negatif yang dapat merugikan diri sendiri dan orang lain.Tentang pendidikan akhlak yang tentunya sangat penting untuk ditanamkan sejak dini atau nanti. Agar akhlak anak-anak kita tidak menjadi krisis moral seperti yang terjadi saat ini.Semoga informasi diatas dapat bermanfaat dan menambah keyakinan bahwa pentingnya pendidikan akhlak harus ditanamkan sejak dini. 

Sampai jumpa kembali di artikel lainya sobat Betuah.id.


Posting Komentar untuk "Pentingnya Pendidikan Berbasis Akhlakul Karimah"